Wulandari, Rizka Oktafia (2017) Pengaruh pergaulan teman sebaya dan disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan kehidupan sosial pada remaja ditandai dengan meningkatnya pengaruh pergaulan teman sebaya. Remaja umumnya lebih banyak menghabiskan waktu bersama di luar rumah dengan teman sebayanya, sehingga pengaruh teman sebaya terhadap sikap dan perilaku remaja sangat besar, khususnya di lingkungan sekolah. Siswa yang bergaul dengan siswa yang juga memiliki disiplin akan berperilaku disiplin, sebaliknya siswa yang bergaul dengan siswa yang tidak disiplin berperilaku tidak disiplin.
Pergaulan teman sebaya dan disiplin siswa merupakan bagian kecil dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Faktor-faktor tersebut dijadikan acuan dalam mengarahkan kegiatan belajar siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen. (2) Menjelaskan pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen. (3) Menjelaskan pengaruh pergaulan teman sebaya dan disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen dengan jumlah 372 siswa dengan mengambil sampel sebanyak 193 siswa dari populasi siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dinyatakan bahwa : (1) Ada pengaruh positif signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP negeri 4 Kepanjen sebesar 0,063. (2) Ada pengaruh positif signifikan antara disiplin siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP negeri 4 Kepanjen sebesar 0,085. (3) Ada pengaruh positif signifikan antara pergaulan teman sebaya dan disiplin siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP negeri 4 Kepanjen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pergaulan Teman Sebaya; Disiplin Siswa; Hasil belajar; Peer Association; Student Discipline; and Learning result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Ikbar Romadona | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2018 14:58 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2018 14:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9261 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |