Jannah, Roudlotul (2017) Implementasi metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ips kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Implementasi dapat diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan. Kemudian dalam urusan pendidikan penerapan metode dalam suatu pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat penting. Metode problem solving merupakan suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong peserta didik untuk mencari dan memecahkan suatu masalah dalam rangka pencapaian tujuan belajar. Metode problem solving memungkinkan proses belajar yang menyenangkan karena dalam prosesnya peserta didik dapat menganalisa masalah yang diberikan oleh guru sampai dengan tahap penyelesaiannya. Dengan pembelajaran ini memungkinkan peserta didik untuk berfikir dan belajar sendiri sehingga peserta didik akan mempunyai perspektif bahwasanya hakikat, makna, dan juga manfaat dari belajar itu sangat penting.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan pelaksanaan metode Problem Solving dalam pembelajaran IPS kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Malang. (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah metode Problem Solving di terapkan dalam pembelajaran IPS kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Malang. (3) Untuk mengetahui kendala dan solusi dalam mengimplementasikan metode Problem Solving kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Yang mana dalam mengumpulkan datanya, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan sistem triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Data yang diperoleh adalah data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang direduksi atau diolah untuk mendapatkan kesimpulan yang valid.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan metode Problem Solving dalam pembelajaran IPS kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Malang dilakukan melalui tiga proses yakni pendahuluan meliputi salam dan pemberian ice breaking, kegiatan inti yakni kegiatan pemberian masalah, diskusi kelompok, dan presentasi hasil diskusi, dan penutup, pada kegiatan penutup guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi. (2) Hasil belajar peserta didik kelas VII A meningkat setelah guru menerapkan metode problem solving, hal tersebut dapat diketahui dari aspek kognitif, afektif dan psikomotik peserta didik. (3) Kendala ketika guru menerapkan metode problem solving yakni kurangnya waktu, sumber belajar terbatas dan sarana prasarana. Solusi guru hendaknya meminimalisir waktu, guru memberikan bacaan tambahan. Dari pihak sekolah seharusnya lebih memperhatikan adanya hal tersebut terutama LCD/proyektor dan pengeras suara yang ada dikelas.
ENGLISH:
Implementation known as the realization or carrying out of something. In the term of education, an implementation of a method is an important and urgent thing. Problem solving method is a way to deliver the lesson by motivating the students to seek, search and solve a problem in order to reach the lesson’s goal. This method allows a fun learning process because the students can analyze and solve the problem given by the teacher. With this learning method, push the students to learn and think by themselves till they get the perspective that truth, meaning, purpose, and also benefit of learning is important.
The research was purposed to (1) describe the implementation of problem solving method in Social Education Lesson Second Grade (VII A) of Muhammadiyah 1 Junior High School Malang. (2) to know the student’s learning result after using problem solving method in Social Education Second Grade (VII A) of Muhammadiyah 1 Junior High School Malang. (3) to know the obstacles and solutions during the implementation of problem solving method in Social Education Lesson Second Grade (VII A) of Muhammadiyah 1 Junior High School Malang.
The research was a qualitative research which used descriptive qualitative approach. And during the data assembling the researcher used some methods such as interviewing, observing, and documentation. The data analyzing method used in this research is triangulation which aimed to check and test the validity of the data. Data is what was gained by interviewing, observing, and documentation that processed to get a valid conclusion.
The result showed (1) the implementation of problem solving method in Social Education Lesson Second Grade (VII A) Junior High School of Muhammadiyah 1 Malang included three steps. First is opening section consist of greeting and giving ice breaking. Second is main section consist of giving problems, group discussion, and presentation. And the last is closing, when the students and the teacher conclude the discussion result. (2) the student’s learning result after using problem solving method in Social Education was increased. Known from student’s cognitive, affective, and psychomotor. (3) Obstacles faced by the teacher during the implementation of problem solving method are lack of time, and limited learning sources, learning tools and infrastructure. The teacher’s solution about time is to use the time well and the teacher can give an additional literature. And the school should pay attention of learning sources, learning tools and infrastructure in class especially LCD and speaker.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi Metode Problem Solving; Proses Pembelajaran; Implementation of Problem Solving Method; Learning Process; Learning Result of Social Education (second grade VII A) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Ikbar Romadona | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 16:49 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2018 16:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9253 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |