Anisabellah, Anisabellah (2017) Pengaruh sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu sikap sosial. Sikap sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan kewajiban untuk menjamin keberadaan manusia. Manusia bukan hanya sebagai makhluk individu akan tetapi juga sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain. Perbedaan sikap sosial yang dimiliki masing-masing siswa memunculkan prestasi belajar yang berbeda-beda pula, seperti halnya sikap sosial dan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) seberapa besar tingkat sikap sosial siswa kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang, (2) seberapa besar tingkat prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang, (3) pengaruh sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Dengan obyek penelitian yaitu siswa-siswi kelas VIII MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang tahun akademik 2016/2017. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dan dokumentasi, setelah data diperoleh peneliti menganalisis data untuk mencari kebenaran data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta uji hipotesis. Selanjutnya data dipaparkan dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat sikap sosial siswa sebesar 129 atau 69% dan termasuk dalam kriteria tinggi, (2) tingkat prestasi belajar mata pelajaran IPS sebesar 99 atau 52,7% dan termasuk dalam kriteria cukup baik, (3) Nilai sig. sebesar 0,034. Oleh karena itu 0,034 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh positif signifikan sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS, dengan koefisien determinasi (R2) 0,024 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 2,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 2,4% prestasi belajar mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh sikap sosial siswa, sedangkan 97,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.
ENGLISH:
Learning achievement is a benchmark of the student skills after learning activity since a period of the time. Learning achievement is influenced by some factors, it is social attitudes. Social attitude is a situation of interdependence which is an obligation to ensure human existence. Human is not only as individual creatures but also as social creatures who cannot live by themself and they need a help from others people. The difference of the social attitudes which is owned by each students ledding a difference learning achievement, it’s like social attitudes and students learning achievement of social science of class VIII at MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang.
The purpose of this research is to explain: (1) how much the level of student social attitudes class VIII at MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang, (2) how much the level of student learning achievement of social science class VIII at MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang, (3) the influence of the students social attitudes toward student learning achievement of social science class VIII at MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. The used of the approach is quantitative research with correlational type. Object of the research is the students of class VIII MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang academic year 2016/2017. The technique used in data collection uses questionnaires and documentation. Than, the researcher analyzes the data to find the truth data by using validity test, reliability test, classical assumption test and hypothesis test. Next, the data is presented and will get the conclusion.
The results of the research shows that: (1) students social attitudes level of 129 or 69% and included in high criterion, (2) the level of student learning achievement of social science of 99 or 52,7% and included in the criteria is quite good, (3) ) sig. value of 0,034. Therefore 0,034 < 0,05, then Ho is rejected and Ha accepted meaning there is a positive influence of significant students social attitudes on student learning achievement of social science, with coefficient of determination (R2) 0,024 indicates that percentage contribution of independent variable is 2,4 %. This shows that 2,4% learning achievement of social science subjects is influenced by student social attitudes, while 97,6% is influenced by other factors not discussed in the research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sikap Sosial Siswa; Prestasi Belajar; Students Social Attitudes; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Ikbar Romadona | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2018 17:06 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2018 17:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9239 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |