Rahajeng, Chorynda Sri (2017) Pengaruh pendidikan karakter dan media massa terhadap sikap sopan santun siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSN Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus menyimpang yang terjadi pada era globalisasi, dilakukan oleh pelajar yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional di indonesia. Pelajar adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan nantinya dapat memperbaiki tatanan negara sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, namun kenyataannya belakangan ini sering terjadi kasus penyimpangan yang dilakukan oleh pelajar seolah-olah pelajar tersebut tidak diajarkan akan kebaikan, terutama sikap sopan santun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: besarnya pengaruh pendidikan karakter dan media massa terhadap sikap sopan santun siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsN Tambakberas Jombang. Baik pengaruh secar parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatankuantitatif, sampel pada penelitian ini berjumlah 84 siswa diambil dari siswa kelas VII MTsN tambakberas Jombang dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada variabel pendidikan karakter maupun media massa adalah dengan menggunakan angket atau kuisioner. Pengujian prasyarat yang dilakukan pada penelitian ini yaitu meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji mulkolinieritas, dan uji autokorelasi serta uji heteroskedastisitas.Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel, teknik analisis regresi linier berganda digunakanuntuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian diketahui bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan positif secara parsial antara variabel pendidikan karakter terhadap sikap sopan santun siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN Tambakberas Jombang.Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan positif secara parsial antara variabel media massa terhadap sikap sopan santun siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN Tambakberas Jombang.Dan hasil uji hipotesis ketiga yakni menunjukkan hasil bahwa variabel pendidikan karakter dan media massa berpengaruh secara simultan terhadap sikap sopan santun siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsN Tambakberas Jombang.
ABSTRACT
This research is motivated by the large number of deviant cases that occurred in the era of globalization, conducted by students who do not comply with the purpose of national education in Indonesia. Students are the next generation of the nation that is expected to be able to improve the order of Nation in accordance with national education goals, but in fact, lately often occur cases of deviation committed by the students, as if the students are not taught to do the good things, especially attitudes of manners.
This study aims to find out: the magnitude of the influence of character education and mass media on the students’ manners on the Social Sciences subjects in VII Grades of MTsN Tambakberas Jombang. Both partially and simultaneously influence.
This research is a descriptive correlation research by using quantitative approach, the sample in this study amounted to 84 students taken from grade VII students of MTsN Tambakberas Jombang with random sampling technique. The data collection technique on character education and mass media variables is to use the question form or questionnaire. Prerequisite testing conducted in this research that includes normality test, linearity test, multicolinierity test, autocorrelation test and heteroscedasticity test. The data analysis in this research are descriptive analysis; used to know the description of variables, and multiple linear regression analysis technique; used to test the hypothesis.
The results of the research note that: There is a partially significant positive influence between the character education variables towards the student’s manners in the Social Sciences subjectsin VII grades of MTsN Tambakberas Jombang. The second hypothesis test results showed a partially significant influence between the mass media variables towards the students’ manners on the Social Sciences subjects of VII grades in MTsN Tambakberas Jombang. The result of the third hypothesis test shows the result of character education variable and mass media simultaneously toward the students’s manners on the subjects of Social Studies grade VII in MTsN Tambakberas Jombang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul and Julaihah, Umi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Media Massa; Sopan Santu; IPS kelas VII; Character Education; Mass Media; Manners; Social Sciences for VII Grades | |||||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:53 | |||||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 13:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9199 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |