Nurfauziah, Riska (2017) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar Siswa Kelas XI IPS MAN Wlingi-Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pada dasarnya setiap anak memiliki kecenderungan berbakat dalam kreativitas dan memiliki kemampuan mengungkapkan dirinya secara kreatif, meskipun masing-masing anak dalam bidang dan kadar potensi yang dimilikinya itu berbeda. Kreativitas belajar juga sangat penting bagi perkembangan peserta didik karena kreativitas memberikan pengaruh yang besar terhadap totalitas kepribadian seseorang. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas belajar antara lain yaitu status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah. Siswa yang orang tuanya dari kalagan menengah keatas jauh lebih kreatif dibandingkan dengan siswa yang orang tuanya dari kalangan menengah kebawah. Kemudian lingkungan sekolah yang baik dalam artian bisa menunjang aktivitas-aktivitas belajar siswa maka akan meningkatkan kreativitas belajar anak. Tetapi kenyataannya di MAN Wlingi siswa yang status sosial orang tuanya dari kalangan menengah kebawah cenderung lebih kreatif dalam belajar dibandingkan dengan siswa yang status sosial orang tuanya berada pada tingkat menengah keatas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI IPS MAN Wlingi Blitar. Pengaruh yang ingin diketahui peneliti yaitu pengaruh variabel penelitian baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket (koesioner). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Wlingi Blitar dengan jumlah 178 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik dan regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh tetapi hanya sedikit sehingga tidak signifikan terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI IPS MAN Wlingi Blitar, (2) Lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI IPS MAN Wlingi Blitar, (3) Adanya pengaruh signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI IPS MAN Wlingi Blitar sebesar 24,3%.
ENGLISH:
Basically every child has a tendency of gifted in creativity and has the ability to express themselves creatively, although each child has different field and potential level. Having creativity in learning process is also very important for the development of learners because creativity gives a big influence on the totality of one's personality. One of the factors that influence the learning creativity, among others, is the socio-economic status of parents and the school environment. Students whose parents from middle and upper class are much more creative than students whose parents are from the middle class. Then, a good school environment, in terms of being able to support student learning activities, will increase the creativity of children's learning. But the reality is, in MAN Wlingi, students whose social status of their parents from middle to lower class tend to be more creative in learning compared to students whose social status of their parents are in middle and upper level.
This study aims to determine the magnitude of the influence of socio-economic status of parents and the school environment on the creativity learning of students of XI Social of MAN Wlingi Blitar. The influence that the researcher wants to know is the influence of research variables either partially or simultaneously.
This research is a descriptive correlational research, using a quantitative approach. The data collection method used is the method of question form (questionnaire). The subjects of this study is the whole grade of XI Social of MAN Wlingi Blitar with a total of 178 students. The data analysis used in this research is using multiple linear regression and statistics.
The results of this study indicate that (1) the socio-economic status of parents are influential but not significant toward creativity learning of the students of XI Social of MAN Wlingi Blitar, (2) The school environment has a significant effect on the creativity of the students of class XI Social of MAN Wlingi Blitar, (3) There is a significant influence at about 24.3% between the socio-economic status of parents and the school environment on the creativity of students in XI Social class of MAN Wlingi Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Kreativitas Belajar; Socio-economic Status of Parents; School Environment; Learning Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9193 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |