Ulfa, Ayyik Wulida (2017) Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan aspek Kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII (kelas idaman) SMP An-Nur Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran merupakan suatu sistem, artinya keseluruhan yang terdiri dari komponen-komponen yang berinteraksi antara satu dengan yang lainnya secara keseluruhan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam beberapa tahun terakhir, pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan sudah mulai memasyarakat, mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, sampai ke perguruan tinggi, meskipun variasi dan fokus pemanfaatannya berbeda-beda pada masing-masing institusi. Beberapa sekolah sudah melengkapi diri dengan fasilitas ICT guna mendukung proses belajar mengajar, agar dapat mengembangkan materi-materi pembelajaran berbasis ICT dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII (kelas idaman) SMP An-Nur Bululawang Malang (2) Mengetahui bagaimana peningkatan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII (kelas idaman) SMP An-Nur Bululawang Malang melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (3) Mengetahui apa hambatan dan cara menanggulangi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII (kelas idaman) SMP An-Nur Bululawang Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah penelitian atau analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran IPS ini masih kurang optimal dan bersifat kondisional, identik menggunakan alat atau fasilitas yang disediakan, salah satunya tablet. (2) Peningkatan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas idaman ini berkaitan dengan 3 hal yakni, melalui pembelajaran berbasis ICT, program-program kelas idaman yang telah ditetapkan dan hasil peningkatan siswa terkait indikator aspek kognitif. (3) Penggunaan tablet saat pembelajaran kurang memenuhi kebutuhan siswa karena materi di e-learning cenderung monoton, dan hanya bisa digunakan dalam keadaan online saja. Untuk saat ini diatasi dengan penggunaan sumber belajar atau media pembelajaran lain yang mendukung, evaluasi dan musyawarah serta tindak lanjut tim kelas idaman.
ABSTRACT
Learning is a system, which means the whole that consists of components that interact with each other as a whole to achieve the objectives of learning that have been determined. In the last few years, ICT utilization in the education aspect has started to popularize, from primary, secondary, to university level, although the variation and focus of its utilization varies on each institution. Some schools have equipped themselves with ICT facilities to support teaching and learning process, so they can develop ICT-based learning materials and utilize ICT as a learning tools.
The purpose of this research is: (1) To know the implementation of learning based on information and communication technology (ICT) to improving cognitive aspect of students on social studies subjects in class VII (Kelas Idaman) SMP An-Nur Bululawang Malang (2) To know how to improve student's cognitive aspect on subjects IPS in class VII (Kelas Idaman) of Junior High School An-Nur Bululawang Malang through learning based on information and communication technology (ICT) (3) Knowing constraints and way of completion in implementation of learning based on information and communication technology to improving cognitive aspect of students on social studies subjects in class VII (Kelas Idaman) SMP An-Nur Bululawang Malang.
This research is type of qualitative research with descriptive qualitative research approach. Technique of data collection is interview, observation and documentation. The steps of research or data analysis performed is data reduction, data presentation and conclusion or verification.
The results of this research showed that: (1) Implementation of ICT-based learning on IPS subjects is still less and not optimal and is conditional, identical using the tools or facilities provided, specially using ‘tablet’ (2) The improvement of cognitive aspect of students in IPS subjects at this class (Kelas Idaman) is related to 3 things there is, through ICT-based learning, (Kelas Idaman) programs that have been established and the result of student improvement related to cognitive aspect indicator (3) The use of tablets when learning foe the students is not needed because the material in e-learning is very boring, and can only be used in when online only. For now it is overcome by the use of learning resources or other supporting learning media, evaluation and deliberation as well as follow-up of the Kelas Idaman team.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Berbasis ICT; Aspek Kognitif; ICT Based Learning; Cognitif Aspects | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:49 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 13:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9190 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |