Susilowati, Susi (2017) Pengaruh keterampilan guru mengajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTS Nurul Ulum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan nasional mempunyai fungsi untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki peserta didik. Kualitas pendidikan akan sangat ditentukan untuk pengolahan proses pembelajaran yang dijalankan. Di sinilah peran guru dan lembaga dinilai sangat penting dalam proses pendidikan karena guru adalah komponen yang paling berpengaruh dengan kompetensinya diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Keterampilan guru mengajar dan lingkungan sekolah yang menjadi variabel pada penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Malang. (2) Untuk menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Malang. (3) Untuk menjelaskan pengaruh keterampilan guru mengajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan nilai siswa di kelas VIII MTs Nurul Ulum Malang. Data dianalisis dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Selanjutnya di paparkan dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel keterampilan guru mengajar (X1) dengan tingkat koefisiensi sebesar 0,158. (2) Secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel lingkungan sekolah (X2) dengan tingkat koefisiensi sebesar 0,591. (3) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel keterampilan guru mengajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Nurul Ulum Malang dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001.
ENGLISH:
National education has a function to improve and develop the quality of human resources by optimizing the potential of the learners. The quality of education will be determined for the processing of the learning process. The role of teachers and institutions are very important in the educational process because of the most influential component with the competence that is expected to be able to create human resources in accordance with the goals of national education. Teaching Teachers Skills and school environments became variable in this study.
The purpose of this study are: (1) determining the the influence of teaching teachers skills toward students learning outcomes of class VIII of Islamic Junior High School (MTs) Nurul Ulum Malang. (2) Determining the the influence of school environment toward students learning outcomes of class VIII of Islamic Junior High School (MTs) Nurul Ulum Malang. (3) The Influence of Teaching Teachers Skills and School Environment toward students learning outcomes of classVIII of Islamic Junior High School (MTs) Nurul Ulum Malang.
The approach used a quantitative approach with the type of causal and descriptive. The instrument used a questionnaire that was distributed to students of grade VIII MTs Nurul Ulum Malang. Data were analyzed by validity test, reliability test, classical assumption test and hypothesis test. Furthermore, explained and drawn conclusions.
The results showed that: (1) Partially there is a significant positive influence of teaching teacher skill variable (X1) with significance level equal coefficient level 0,158. (2) Partially there is significant positive influence of school environment variable (X2) to critical thinking with the level of significance coefficient of 0,591. (3) Simultaneously there is a significant influence between teaching teacher skill variable and school environment toward students learning outcomes of class VIII of Islamic Junior High School (MTs) Nurul Ulum Malang with a significance level of 0.001.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keterampilan Guru Mengajar; Lingkungan Sekolah; Hasil Belajar Siswa; Teachers Skills; School Environment; Student Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:54 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9189 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |