Zakiyah, Zakiyah (2017) Pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap minat membaca buku pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IIS MAN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Minat seseorang sangat beragam salah satunya adalah minat membaca buku. Minat membaca buku dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya status sosial ekonomi dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Dilihat dari status sosial ekonomi keluarga, semakin tinggi status sosial ekonomi keluarga maka semakin tinggi pula minat anak. Apabila dilihat dari pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, internet adalah wadah informasi dimana pada zaman sekarang, semua orang setiap hari tidak lepas dari yang namanya internet sehingga semua orang akan membaca informasi dalam bentuk apapun, bisa koran, majalah, buku pelajaran elektronik, maupun berita dan informasi secara online, sehingga semua orang akan mampu meningkatkan minat bacanya, semakin tinggi pemanfaatan internet seseorang maka semakin tinggi pula minat membaca buku (fisik maupun online) seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan besarnya pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap minat membaca buku pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS MAN 1 Pasuruan. Pengaruh yang diteliti yaitu pengaruh variabel penelitian baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket (kuesioner). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS MAN 1 Pasuruan dengan jumlah 100 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil dari uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = -3,899 + 0,508X1 + 0,684X2. Persamaan ini menunjukkan bahwa minat membaca buku akan konstan sebesar -3,899 jika tidak ada pengaruh dari X1 (status sosial ekonomi keluarga) dan X2 (pemanfaatan internet sebagai sumber belajar). Minat membaca buku akan meningkat sebesar 0,508 untuk setiap tambahan satu nilai/angka X1. Minat membaca buku akan meningkat sebesar 0,684 untuk setiap tambahan satu nilai/angka X2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel sama-sama berpengaruh terhadap minat membaca buku, namun pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (X2) lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar daripada status sosial ekonomi (X1).
Nilai R (Koefisien Korelasi) sebesar 0,994. Nilai korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 99,4%. Nilai R2 (Koefisien Determinasi) sebesar 0,987, artinya bahwa 98,7% variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas. Sedangkan siswanya 1,3% variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas selain variabel yang digunakan dalam penelitian ini. selanjutnya hasil dari uji hipotesis: uji T dari status sosial ekonomi keluarga diperoleh nilai Thitung 6,673>Ttabel 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05, dan hasil uji T dari pemanfaatan internet sebagai sumber belajar diperoleh nilai Thitung 19,428>Ttabel 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05. Sedangkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 3735,891>Ftabel 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dan dapat dinyatakan bahwa variabel bebas (status sosial ekonomi keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat minat membaca buku baik secara parsial maupun secara simultan.
ENGLISH:
Person’s interest is very diverse, one of which is the interest in reading a book. Interest of reading the books is influenced by various factors including socio-economic status of family and utilization of internet as learning source. From socio-economic status of the family, higher the socio-economic status of family, then, higher the interest of the child. If see from utilization of internet as learning source, internet is an information center which nowadays, people can’t be separated from the internet so everyone will read information in any form, can be newspapers, magazines, electronic textbooks, and news and information online, so that everyone will be able to increase interest of reading, the higher one's utilization of internet, then, higher the interest in reading a book (physical or online) of someone.
The objective of the research is to explain how big the influenced of socio-economic status of family and utilization internet as learning source to interest of reading book at Geography Subject Student Class XI IIS MAN 1 Pasuruan. The influenced of research is influenced of research variable partially and simultaneously.
This research is correlational descriptive research which used quantitative approach. Method of data collection which used is questioner. This subject of research are students of XI IIS MAN 1 Pasuruan amount 100 students. Data analysis used in this research use descriptive statistics and multiple linear regression.
The result of linear regression test indicates, equationY = -3,899 + 0,508X1 + 0,684X2. This equation shows that the interest in reading the book will be constant at -3.899 if there is no influence from X1 (family's economic and socio-economic status) and X2 (the utilization of internet as learning source). Interest of reading books will increase by 0,508 for each additional one value/number X1. Interest of reading books will increase by 0.684 for each additional one value/number X2. Thus, it can be concluded that both variables have the same effection interest of books, nevertheless utilization of internet as learning source (X2) has more influence on learning achievement than socio-economic status of family (X1).
The value of R (Correlation Coefficient) of 0.994. This correlation value shows that the relation between independent variable and dependent variable is 99,4%. Value R2 (Coefficient of Determination) of 0.987, means that 98.7% dependent variable is influenced by independent variables. Meanwhile, the students 1.3% dependent variable influenced by independent variables other than the variables used in this study. Then the result of hypothesis test: T test of socio-economic status of the family obtained the value of Thitung 6,673>Ttabel 1,985 with a significance level of 0.000<0.05, and T test results from the utilization of the Internet as a learning source obtained value nilai Thitung 19,428>Ttabel 1,985 with a significance level 0,000 <0.05. While the result of F test obtained value Fhitung 3735,891>Ftabel 3,09 with significance level 0,000 <0,05. So it can be concluded that H0 is rejected and Ha accepted, and it can be stated that the independent variables (the socio-economic status of the family and the utiization of internet as learning source) has an influence on the dependent variable of interest of reading the book either partially and simultaneously.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Keluarga; Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar; Minat Membaca Buku; Socio-economic Status of Family; Utilization of Internet as a Learning Source; Interest of Reading a Book | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:54 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9177 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |