Implementasi kurikulum IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 1 Purwosari Bojonegoro

Fadhilah, Siti Umi (2017) Implementasi kurikulum IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 1 Purwosari Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13130077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan, karena kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh satuan pendidikan, baik oleh pengelola maupun oleh penyelenggra, khususnya oleh guru dan kepala sekolah. Implementasi kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi, memamerkan guru sebagai pembentuk karakter dan kompetensi peserta didik, yang harus kreatif dalam memilah dan memilih, serta mengembangkan metode dan materi pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang penerapannya menggunakan Kurikulum 2013 adalah mata pelajaran IPS. Dimana dalam kurikulum 2013 ini disiplin ilmu pengetahuan soaial saling berkaitan satu sama lain sehingga mempunyai tujuan yang sesuai dengan tujuan ilmu sosial yang sebenarnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran mata pelajaran IPS dalam membuat karakter siswa di SMPN 1 Purwosari, (2) mendeskripsikan implementasi kurikulum IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 1 Purwosari, (3) mendeskripsikan karakter yang terbangun dalam diri siswa pada mata pelajaran IPS.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menjelaskan lebih menekankan pada kekuatan analisa data pada sumber-sumber data yang ada. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran mata pelajaran IPS dalam membuat karakter siswa di SMP Negeri 1 Purwosari dilakukan dengan cara selalu mempersiapakan perangkat pembelajaran jauh-jauh hari dengan baik, (2) Implementasi kurikulum IPS dalam pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 1 Purwosari dilakukan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (3) Karakter yang terbangun dalam diri siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Purwosari, diantaranya: Rasa tanggung jawab, Toleransi, Kedisiplinan, dan Peduli lingkungan.

ENGLISH:

The curriculum is an important component of education, because the curriculum is an educational component that is used as a reference by educational units, both by managers and by organizers, especially by teachers and principals. Implementation of the 2013 curriculum based on character and competence, showcasing teachers as character formers and competence of learners, who must be creative in sorting and selecting, as well as developing methods and learning materials. One of the subjects whose application using Curriculum 2013 is the subject of Social Studies. Where in the 2013 curriculum is social science disciplines are interconnected with each other so as to have a purpose in accordance with the objectives of the real social science.

The purpose of this research is to: (1) describe the process of developing learning tools of social studies subjects in making the character of students in SMPN 1 Purwosari, (2) to describe the implementation of IPS curriculum in character formation of students in SMPN 1 Purwosari, (3) describe the character built in Student self on IPS subject.

To achieve the above objectives, a qualitative research approach is used by explaining more emphasis on the strength of data analysis on existing data sources. And data collection techniques used are observation, interview, and documentation.

The result of the research shows that, (1) The process of developing learning tool of IPS subjects in creating the character of the students in SMP Negeri 1 Purwosari is done by always preparing the learning tools well in advance, (2) Implementation of IPS curriculum in character building of students in SMP Negeri 1 Purwosari done starting from the process of planning, implementation, and evaluation, (3) Character built in students on social studies subjects in SMP Negeri 1 Purwosari, including: Sense of responsibility, Tolerance, Discipline, and Care for the environment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Keywords: Kurikulum IPS; Karakter Siswa; IPS Curriculum; Student Character
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 11 Feb 2018 15:52
Last Modified: 11 Feb 2018 15:52
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9170

Actions (login required)

View Item View Item