Fauziyah, Aprilia (2017) Peran guru IPS dalam meningkatkan moral siswa Kelas VII di MTS Negeri Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Sekolah merupakan salah satu tempat dimana peserta didik mendapatkan pendidikan secara formal bukan hanya tempat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan mencari ilmu tetapi juga tempat berkumpul, bermain serta berbagai keceriaan antar siswa yang satu dengan yang lainnya. Sekolah juga mempunyai tanggung jawab terhadap pembentukan karakter pribadi dan moral siswa, oleh karena itu peran guru berpengaruh cukup besar untuk membentuk karakter siswa yang bermoral bukan hanya untuk menjadikan siswanya pintar dan cerdas. Salah satu dari tujuan penyelenggaraanya pendidikan, ialah untuk membentuk sikap moral serta watak siswa yang berbudi luhur. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pendidikan dan mata pelajaran yang membantu untuk membentuk kepribadian peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik dan bermoral.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan peran guru IPS dalam mendeskripsikan moral siswa kelas VII di MTs NegeriTuren Malang, dan (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru IPS dalam meningkakan moral siswa kelas VII di MTsNegeriTuren Malang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada.Oleh karena itu, peneliti ini merupakan tela’ah atau kajian pustaka yang merupakan data verbal, hal ini penulis melakukan dengan cara menuliskan, mengedit, memaparkan, mengklafisikasi dan mengkajinya.
Hasil dari penelitian ini: (1) Peran guru IPS dalam meningkatkan moral siswa dapat membentuk dan membangun sikap siswa kearah yang lebih baik dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan serta keteladanan yang baik dan menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi serta lebih menghargai dan menghormati orang lain, dan (2) Faktor pendukung dan penghambat bagi peran guru IPS dalam meningkakan moral siswa adalah faktor pendukung meliputi data pribadi siswa, faktor yang timbul dari lingkungan keluarga dan latar belakang orang tua dan juga watak karakter siswa itu sendiri. Sedangkan factor penghambatnya ialah faktor yang bersumber dari dalam diri siswa, selain itu faktor lingkungan dan teknologi yang menjerumuskan siswa pada pergaulan bebas, serta faktor lingkungan dan keluarga yang mengakibatkan dampak negatif terhadap diri siswa.
ENGLISH:
School is one of place for students to get formal education. It is not only place for getting knowledge and teaching-learning activity, but also place for gathering, playing, and sharing cheerfulness to the others. School has responsible to create moral and character of students. Therefore, the role of teacher has big impact for students character forming, beside for intelligence building. One purpose of education is to create attitude, morals, and virtuous of students. So, it needs education approach and subjects which helps to create student’s personality who has morality and kindness.
The objectives of research are: (1) to describe the role of social science teacher on describing students moral of 7th grade students in MTsN Turen Malang, (2) to know what are supporting and obstacle factors the role of social science teacher to improve students moral of 7th grade in MtsN Turen Malang.
In the research, researcher uses descriptive qualitative method, which emphasizes to data analyses on data sources has been provide. Therefore, kind of the research is studies or literature review that is verbal data. In the case, researcher has done by writing, editing, explaining, classifying and reviewing.
The results of research are: (1) The role of social science teacher to improve students moral is success to create and build students attitude to the better through giving exemplary habitual, making sense of tolerance, also creating respect and appreciate attitude; (2) the supporting factors on the role of social science teacher to improve students moral are student’s personal data, environment of family, background of parents, and students character itself. Whereas, the obstacle factors are factor which is sourced on student’s inside, environment, technology which can bring students to promiscuity, and also family’s environment of students which can conduce negative impact for students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru IPS; Moral; The Role of Social Science Teacher; Improve the Moral | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9167 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |