Suryanti, Septa Tri (2017) Pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa MAN Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Untuk mewujudkan fungsi pendidikan diperlukan adanya lembaga pendidikan standar nasional sebagaimana yang ditetapkan dalam standar pendidikan nasional (PP No. 19 Tahun 2005), baik berkaitan dengan standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan standar evaluasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa Man Purwoasri Tahun Ajaran 2016/2017, (2) menjelaskan pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa Man Purwoasri Tahun Ajaran 2016/2017, (3) menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa Man Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seswa kelas XI MAN PURWOASRI jumlahnya 346 siswa dengan mengambil sampel 50 dari populasi yang terbagi di kelas Akselerasi, Unggulan, dan Regular. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan 2 variabel, determinasi, uji t dan uji F.
Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa : (1) tidak ada pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi melajutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai thitung < t table (0,777<2,01 dan nilai signifikansi 0,441>0,05), sehingga secara parsial menunjukkan bahwa lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Man Purwoasri Kabupaten Kediri. Karena dengan nilai thitung lebih besar dari ttable yaitu 4,001>2,01 dan nilai signifikansi 0,000, sehingga secara parsial hal ini menunjukkan bahwa lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal itu dikarenakan lingkungan teman sebaya memberikan perngaruh besar terhadap perubahan perilaku siswa yang akan berdampak pada kehidupan social dan saling memberikan motivasi siswa satu sama lain untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (3) Ada pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa Man Purwoasri Kabupaten Kediri. dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 9,403 > 3,18 dengan tingkat signifikansi 0,000. Maka pengelompokkan peserta didik dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dengan mengelompokkan peserta didik ke dalam kelas Akselerasi, Unggulan dan Regular membuat siswa merasa nyaman dengan lingkungan teman sebaya karena merasa sama dalam hal pemikiran, bergaul dan belajar sehingga dapat mendorong motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dan diperoleh nilai regresi linier berganda sebesar Y = 10,245 + 0,140X1 + 0,749X2 + e
ABSTRACT
The institution of national standards education is needed to manifest the function of education as it is set on national education standard (PP No. 19 Year 2005), it is either linked to the standard of content, process, graduates competition, educators and educational staffs, facilities and infrastructures, management, financing, and evaluation standard.
The focuses of this research are (1) explaining the effect of the school environment to the motivation of continuing the study to college on the students of Man Purwoasri Study Year 2016/2017, (2) explaining the effect of the friends environment to the motivation of continuing the study to college on the students of Man Purwoasri Study Year 2016/2017 (3) explaining the effect of school environment and friends environment to the motivation of continuing the study to college on the students of Man Purwoasri Kediri District Study Year 2016/2017.
The Research method that is used is qualitative method, the instrument that is used is in form of questionnaire and documentation. The population of this research is the 11th grade students of MAN PURWOASRI in which the total is 346 students by taking sample 50 students of population which is separated in acceleration class, superior class, and regular class. The data analysis which is conducted in this research is using regression with 2 variables, determination, t test and f test.
The result of the research that has been done, stated that: (1) there is no significant effect of the school environment to the motivation of continuing the study to the college with the value thitung < ttable (0,777<2,01 and the significant value 0,441>0,05), so it partially shows that the school environment does not affect the motivation of continuing the study to the college. (2) There is a significant effect between the friends environment and the motivation to continue the study to college on the students of Man Purwoasri Kediri District. Because the value thitung is bigger than ttable which is 4,001>2,01 and the significant value 0,000, so that , it partially shows that the friends environment affects the motivation to continue the study to the college. It is caused by the friends environment has a big impact to the change of the students behaviour which will affect the social life and giving the motivation among the students to continue the study to the college. (3) There is a positive effect between the school environment and the friends environment to the motivation continuing the study to the college on the students of MAN Purwoasri Kediri District. With the value Fhitung is bigger than Ftabel which is 9,403 > 3,18 with the significant level0,000. Then, grouping the learners and the friends environment to the motivation continuing the study to the college. By grouping the learners into acceleration class, superior class, and regular class makes the students feel comfort with the friend environment because they feel having the similar thought, society, and study so that it can motivate the students to continue the study to the college. And it is obtained multiple linear regression value in the amount of Y = 10,245 + 0,140X1 + 0,749X2 + e
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul and Julaihah, Umi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Lingkungan Sekolah; Teman Sebaya; Motivasi; School Environment; Friends; Motivation | |||||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:48 | |||||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 13:44 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9166 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |