Rahmawati, Husnur (2017) Pengaruh interaksi belajar mengajar dan lingkungan sekolah terhadap berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Roudlotul Mustofa Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Interaksi belajar mengajar adalah hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam suatu sistem pengajaran. Interaksi edukatif merupakan faktor penting dalam usaha mencapai terwujudnya situasi belajar dan mengajar yang baik dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran. Lingkungan sekolah juga memegang peranan penting dalam pendidikan karena pengaruhnya besar sekali pada jiwa anak. Kemampuan berpikir kritis harus di ajarkan kepada masyarakat kita secara terus menerus melalui jalur formal maupun informal dan apapun bidang studinya, belajar itu sesungguhnya berfikir, karena kualitas berpikir seseorang tergantung pada kualitas pembelajaran. Khususnya pada interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru sehingga kita pun semakin sadar bahwa siswa tidak saja mesti mampu berkomunikasi secara rutin tetapi juga mampu berkomunikasi secara bernalar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan pengaruh pengaruh Interaksi belajar mengajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Roudlotul Mustofa Lumajang, (2) menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Roudlotul Mustofa Lumajang, (3) menjelaskan pengaruh interaksi belajar mengajar dan lingkungan sekolah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Roudlotul Mustofa Lumajang.
Tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yaitu penelitian yang melibatkan pengaruh satu atau dua variabel dengan satu atau lebih variabel yang lain. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Analisis ini digunakan karena dalam penelitian menggunakan tiga variabel independen dan satu variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara interaksi belajar mengajar terhadap berpikir kritis dengan tingkat signifikansi sebesar 0,018 dan tingkat koefisiensi sebesar 0,807, (2) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap berpikir kritis dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009 dan tingkat koefisiensi sebesar 0,903,(3) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi belajar mengajar dan lingkungan sekolah terhadap berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Roudlotul Mustofa Lumajang dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.
ABSTRACT
Interaction of teaching and learning is a reciprocal relationship between teachers and students in a teaching system. Educational interaction is an important factor in achieving a good learning and teaching situation in educational and teaching activities. The school environment also plays an important role in education because of its immense influence on the child's psyche. The ability to think critically must be taught to our society continuously through formal and informal channels and whatever the field of study, learning is actually thinking, because the quality of one's thinking depends on the quality of learning. Especially in the interaction of students with students and students with teachers so that we are increasingly aware that students should not only be able to communicate regularly but also able to communicate reason.
The purpose of this research is to: (1) explain the influence of the influence of teaching and learning interaction on the critical thinking ability of grade VII students in MTs Roudlotul Mustofa Lumajang, (2) explain the influence of school environment on critical thinking ability of grade VII students in MTs Roudlotul Mustofa Lumajang, ) Describes the effect of teaching and school environment interaction on critical thinking skills of grade VII students in MTs Roudlotul Mustofa Lumajang.
The above objective, used a quantitative research approach with the type of correlation research is research involving the influence of one or two variables with one or more other variables. The analysis used is multiple linear regression analysis. This analysis is used because in the study using three independent variables and one dependent variable.
The result of the research shows that (1) partially there is a significant positive influence between teaching and learning interaction toward critical thinking with significance level equal to 0,018 and coefficient level 0,807, (2) partially there is significant positive influence between school environment to critical thinking with The level of significance of 0.009 and the coefficient of 0.903, (3) simultaneously there is a significant influence between the teaching-learning interaction and the school environment to critical thinking of grade VII students in MTs Roudlotul Mustofa Lumajang with a significance level of 0.000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi Belajar Mengajar; Lingkungan Sekolah; Berpikir Kritis; Teaching Interaction Teaching; School Environment; Critical Thinking | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:48 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9165 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |