Nugroho, Abdurrohman (2017) Pengembangan media pembelajaran autoplay media studio pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN Denanyar Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11130076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tingkat kebutuhan manusia dalam pendidikan terus bertambah seiring perkembangan zaman. Pendidikan dituntut agar lebih efektif dan efisien. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama untuk meningkatkan hasil tingkat ketercapaian siswanya. Pengembangan bahan ajar merupakan langkah yang inovatif dan kreatif di bidang pendidikan. Dengan dikembangkannya media pembelajaran akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran dapat menjadi solusi untuk mengatasi tingkat penangkapan informasi yang berbeda di kalangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Autoplay Media Studio pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN Denanyar Kabupaten Jombang. (2) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Autoplay Media Studio pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN Denanyar Kabupaten Jombang. (3) Mengetahui hasil penerapan media pembelajaran Autoplay Media Studio pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN Denanyar Kabupaten Jombang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Denanyar Kabupaten Jombang kelas VII dan diambil sampel 32 siswa. Hasil yang didapat melalui wawancara guru IPS Terpadu, bahwa dalam pembelajaran IPS Terpadu masih terdapat banyak permasalahan, khususnya pada materi Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Hindu-Buddha.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa media pembelajaran Autoplay Media Studio mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi pertama diperoleh nilai dari ahli materi sebesar 92% yang dinilai valid dan tidak memerlukan revisi. Sedangkan hasil nilai dari ahli media sebesar 82,8% yang dinilai valid dan tidak revisi. Untuk lebih layak lagi peneliti merevisi yang kemudian dilanjutkan dengan validasi kedua dengan hasil nilai sebesar 91.4% yang dinilai valid dan tidak revisi. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran.Pada hasil ujicoba diperoleh nilai 94.06%. Dengan perhitungan menggunakan uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung ≥ ttabel yaitu 15,590≥ 2,040 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
ENGLISH:
The level of human needs in education continues to grow with the times. Education is required to be more effective and efficient. Teachers have a very important role in improving the quality of education, especially to improve student achievement. The development of teaching materials is an innovative and creative step in education. With the development of instructional media will improve the quality of learning. The development of instructional media can be a solution to address the different levels of information capture among students. The purpose of this research are: (1) To know the process of developing instructional media Autoplay Media Studio on subject IPS Terpadu at MTsN Denanyar Kabupaten Jombang. (2) To know the application of learning media Autoplay Media Studio on subject Integrated Social Science at MTsN Denanyar Kabupaten Jombang. (3) Knowing the result of application of learning media Autoplay Media Studio on subject Integrated Social Science at MTsN Denanyar Kabupaten Jombang.
The type of research used in this study is the method of research and development by following the procedure of ADDIE which includes 5 development stages.This study was conducted in class VII MTsN Denanyar Kabupaten Jombang and taken a sample of 32 students. Results of IPS Terpadu teacher interviews, that in Integrated Social Science learning there are still many problems, especially on the material of Indonesian Society Development in Hindu-Buddhist Period.
The results obtained that the media learning Autoplay Media Studio got a good qualification assessment, because based on the first validation results obtained the value of material experts by 92% which is considered valid and does not require a revision. While the results of the value of media experts amounted to 82.8% which is considered valid and not revised. To be more feasible again revised researchers who then continued with a second validation with a result value of 91.4% which is considered valid and not revised. It indicates that the product that has been developed is feasible to be used in supporting the learning activities. In the test results obtained value of 94.06%. With the calculation using t test with a significance level of 0.05 obtained tcount ≥ ttable ie 15.590 ≥ 2.040 means Ho rejected and Ha accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Autoplay Media Studio; IPS Terpadu; Development; Learning Media; Autoplay Media Studio; Integrated IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:55 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9164 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |