Husna, Izadatul (2017) Pengaruh keikutsertaan OSIS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTS Negeri 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil pendidikan siswa menjadi ukuran bagi keberhasilan belajar yang telah dtempuh oleh siswa. Tingkat keberhasilan siswa ditinjau dari seberapa tinggi siswa tersebut dapat meraih hasil dalam belajarnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan kesulitan belajar bagi siswa jika tidak mencukupi pemenuhannya dan pada akhirnya menghambat dan mempengaruhi pencapian hasil belajar. Bila ditinjau dari luar diri siswa (faktor eksternal) terdapat dua faktor yang secara garis besar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dua faktor tersebut adalah keikutsertaan siswa dalam kegiatan OSIS dan motivasi belajar siswa juga menjadi variabel dalam penelitian ini.
Tujuan umum dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara keikutsertaan siswa dalam kegiatan OSIS terhadap hasil belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, serta pengaruh keikutsertaan siswa dalam OSIS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri 2 Kota Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk keikusertaan OSIS dan motivasi belajar yang dipersepsikan siswa. Instrumen yang digunakan adalah nilai UTS siswa semester genap tahun ajaran 2016/2017 untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keikutsertaan siswa dalam OSIS berpengaruh positif signifikan dengan hasil belajar siswa dengan nilai thitung 2.157 ≥ ttabel 1.98 dan nilai signifikansinya 0,033 < 0,05, (2) motivasi belajar berhubungan positif signifikan dengan hasil belajar siswa dengan nilai thitung 2.219 ≥ ttabel 1.98 dan nilai signifikansinya 0,029 < 0,05, (3) hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari variabel keikutsertaan OSIS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Fhitung 4.973 > Ftabel 3.09 dan nilai signifikansinya 0,009 < 0,05. Kesimpulan bahwa ada pengaruh dari keikutsertaan siswa dalam OSIS terhadap hasil belajar, ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, ada pengaruh keikutsertaan siswa dalam OSIS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di MTs Negeri 2 Kota Malang.
ENGLISH:
Education result of student becomes measurement for learning achievement which has done by students. Level of student achievement can be considered from how high students can achieve result in the learning. There are many factors will influence and appear learning difficulties for student, if learning needed is not completed. At least, it will obstruct and influence achievement of learning result. If contemplated from external factor of students, there are two factors can influence learning result of student, that are participation of student on intra-school organization student and learning motivation which become variables on the research.
General objectives of the research is to understand the influence between student participation on intra-school student organization to learning result of student, the influence of learning motivation to learning result, and also the influence of student participation on intra-school student organization and learning motivation to learning result of student in MTsN 2 Kota Malang.
Approach used in the research is quantitative approach and kind of research is explanatory. Explanatory is research with the aim to analyze relation between one variable to another, or how a variable influence another variable. Instrument used in the research is questionnaire which used to review student participant on intra-school student organization and learning motivation that joined by student. Instrument used in the research to know learning result of student is score of middle examination on even semester, in 2016/2017 academic year. Analyze technique used in the research is bifilar linear regression.
The result of research shows that: (1) participation of student on intra-school student organization has significant positive impact to learning result of student with value of nilai thitung 2.157 ≥ ttabel 1.98 value of significant 0,033 < 0,05, (2) learning motivation has significant positive relation to learning result of student with value of nilai thitung 2.219 ≥ ttabel 1.98 and value of significant 0,029< 0,05, (3) result of bifilar linear regression shows that there is positive relation from student participation on intra-school student organization to learning result of student, there is learning motivation to learning result, there is influence between student participation on intra-school student organization and learning motivation in MTsN 2 Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keikutsertaan OSIS; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Participation on Intra-School Student Organization; Learning Motivation; Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9163 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |