Firdaus, Arizal (2017) Pengaruh lingkungan sekolah dan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas XI IPS SMA Islam Almaarif Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130123.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan sebagai salah satu sektor utama dalam pembangunan nasional, dijadikan alat fungsi maksimal dalam upaya meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia. Dalam dunia pendidikan, hasil belajar merupakan salah satu bentuk alat ukur pemahaman ilmu yang telah diberikan pendidik pada peserta didik dalam lembaga pendidikan. Dalam meningkatkan hasil belajar beberapa faktor penting perlu diperhatikan seperti lingkungan sekolah yang mendukung pembelajaran serta disiplin siswa itu sendiri. Maka dari itu, dua faktor tersebut menjadi variable penelitian ini. Mata pelajaran sejarah dilipih sebagai fokus penelitian penulis karena dinilai paling sesuai dengan lingkungan Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) Almaarif, Singosari. Mengingat Kota Singosari adalah kota bersejarah berasarkan banyaknya peninggalan-peninggalan yang ditemukan
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa, pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa, Serta pengaruh lingkungan sekolah dan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas IX IPS SMAI Almaarif Singosari.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan t hitung 1,417 < t tabel 1,666, nilai signifikansi 0,161 > 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan nilai t hitung 2,979 > t tabel 1,666, nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Terdapat pegaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah dan disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi R 0,773 > r tabel 0,235 dan nilai koefisien determinasi 0,597 atau 59,7%. Dan uji F nilai F hitung 52,597 > F tabel 3,13, nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa tidak ada pengaruh positif dari lingkungan sekolah terhadap hasil belajar, ada pengaruh positif dari disiplin siswa terhadap hasil belajar, dan ada pengaruh positif dari lingkungan sekolah dan disiplin siswa terhadap hasil belajar.
ENGLISH:
Education is the major sector in the national development, a functional maximum tool in the effort of improving Indonesians life quality. In the field of education, the result of the study is a measurement of a knowledge’s understanding which is given by the teachers at the school. To improve the result, some vital factors need to be considered as the school’s environment which encourages the learning process and the student’s discipline. Therefore, two aforementioned factors are the variables in this research. History course is selected as the research focus as it fits to the school’s environment of Islamic senior high school Almaarif, Singosari. In addition, the city of Singosari is the historical city as it has discovered heritages.
The objective of this research is to explain the influence of the school’s environment to the students’ result, the influence of the student’s discipline to the student’s study result, and the influence of the school environment and the student’s discipline to the students’ study result on history course, grade II, social studies, islamic senior high school Almaarif Singosari.
The approach in this research is a quantitative approach which is a correlational type. Instrument used in this research is the questionnaire which is used to know the influence of the school’s environment and the student’s discipline to the result of the study. Analysis used in this research is a multiple linear analysis.
The result of the study denotes: there is no positive and significant influence of the school’s environment to the student’s study result, it is approved by value t count 1,417 < t table1,666, a significant value 0,161 > 0,05. There is positive and significant influence of the student’s discipline to the student’s study result, it is approved by value t count 2,979 > t table 1,666, significant value 0,004 < 0,05. There is positive and significant of the school’s environment and the student’s discipline to the student’s study result, it is approved by coefficient correlational value R 0,773 > r table 0,235 and coefficient determination value 0,597 or 59,7%. Also, a test F for value F count 52,597 > F table 3,13, a significant value 0,000 < 0,05. The conclusion is there is no positive influence of the school’s environment to the result of the study, there is a positive influence of the students’ dicipline to the result of the study, and there is a positive influence of the school’s environment and the student’s dicipline to the result of the study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Sekolah; Disiplin Siswa; Hasil Belajar; School’s Environment; Student’s Discipline; The Result Of Study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:55 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9162 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |