Farida, Fauzia (2017) Pengaruh disiplin belajar dan intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Disiplin merupakan salah satu faktor dalam diri siswa yang mempunyai andil besar dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah intensitas penggunaan gadget, yang mana di era modern seperti ini sudah menjadi hal yang lazim bagi anak usia sekolah untuk menggunakannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, (2) mendeskripsikan pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, (3) mendeskripsikan pengaruh disiplin belajar dan intensitas penggunaan gadget secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan. Subyek penelitian berjumlah 135 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel disiplin belajar dan intensitas penggunaan gadget menggunakan angket, sedangkan untuk variabel hasil belajar diperoleh dari nilai ujian tengah semester genap tahun ajaran 2016/2017. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh positif signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung (3,116) > ttabel (1,977) dan nilai signifikansi (0,02) < (0,05). (2) tidak ada pengaruh positif signifikan intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung (0,883) < ttabel (1,977) dan nilai signifikansi (0,379) > (0,05). (3) ada pengaruh positif signifikan disiplin belajar dan intensitas penggunaan gadget secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil Fhitung (6,241) > Ftabel (3,06) dan nilai signifikansi (0,003) < (0,05).
ENGLISH:
Student’s learning results can be influenced by two factors, they are, internal factors and external factors. Discipline is one of the factors in students who have a big contribution to achieve the optimal learning results. One of the external factors which can influence the learning results is the intensity of the gadget usage, which is every students use it in this modern era.
The purpose of this study is to: (1) describing the influence of the learning discipline to the learning results of IPS subject class VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, (2) describing the influence of the intensity of gadgets usage on learning results of IPS subject class VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu -Lamongan, (3) describing the influence of learning discipline and the intensity of gadgets used in together on learning results of IPS subject class VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan.
This research utilized correlation quantitative research in SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan. The subjects were 135 students. The technique of data collection for learning discipline variable and intensity of gadgets usage used questionnaires, while for the learning results variable were from midterms test value of odd semester 2016/2017. For testing the instrument used validity and reliability tests. While for the technique of data analysis used multiple linear regression analysis.
The results show that: (1) there is a positive effect significant of learning discipline to learning results of IPS subject class VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, it is proved by the results of tcount(3.116)> ttable (1.977) and the significant value is (0.02) <(0.05). (2) there is no positive effect significant of the intensity of gadgets usage to the learning results of IPS subject class VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, it is proved by the results of tcount(0.883)<ttable(1.977) and the significant value is (0.379)> (0.05). (3) there is a positive effect significant of learning discipline and used in together on learning result of IPS subject class VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu-Lamongan, it is proved by the results of Fcount(6,241)> Ftable (3.06) and the significant value is (0.003) <(0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Disiplin; Gadget; Learning Result; Discipline; Gadget | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9161 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |