Kartikasari, Dewy (2017) Pengaruh kecerdasan spiritual (SQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Kelas X Mata Pelajaran Sosiologi di MAN Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Hasil belajar seringkali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai bahan yang sudah diajarkan untuk mengaktualisasikan hasil belajar tersebut diperlukan informasi tentang ketercapaian kompetensi peserta didik. Proses penilaian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar peserta didik. Proses penilaian dapat berbentuk tes baik tertulis maupun lisan, lembar pengamatan, pedoman wawancara tugas rumah dan lain sebagainya. Suatu keberhasilan dalam proses pembelajaran merupakan bentuk dari usaha yang telah dilakukan oleh siswa.
Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar kelas X di Man Gondanglegi, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di Man Gondanglegi,(3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas X mata pelajaran sosiologi di Man Gondanglegi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel bebas dan terhadap variabel terikat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui kecerdasan spiritual dan motivasi belajar. Instrumen yang digunakan adalah dokumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan spiritual pengaruh positif signifikan dengan hasil belajar siswa dengan nilai koefisien korelasinya 0,695, (2) motivasi belajar tidak ada pengaruh signifika dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasinya 0,005. (3) Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel kecerdasan spiritual yang ditujukkan dengan thitung = 2295 > ttabel = 1,99. Tidak ada pengaruh dari variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan sengan thitung =0,017 > 1,99. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar, tidak ada pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar.
ENGLISH:
Learning outcomes is a process within individual interact with environments for changes in behavior. Learning outcomes are ofthen used as a size to know how far one master the material is taught to actualize learning outcome the required information about the achievement of competence learners. Assessment process aims to answer the question of how well the result or learning achievement learners. Assessment process can be shaped test well written an oral, sheet, observations, interview guides homework and so forth. A success in the process of learning is a form of effort was conducted by the students.
General purpose of this study is to determine (1) the effect of spiritual intelligence of motivation to the student learning otcomes class X in Man Gondanglegi. (2) The effect of motivation to the student learning otcomes class X in Man Gondanglegi (3) To determine the effect of spiritual intelligence and motivation to learning outcomes class X subjects Sociology in Man Gondanglegi.
Approach used in this studyis quatitative approach with research causal, that the study conducted to determine the amount of the influence of the independent variables and to the dependent variable. Instruments used in this study is questionnaire or questionnaire that is used to determine the spiritual intelligence and motivation. Instruments used is a document that is used to determine the student learning outcomes. Analysis used in this study in multiple regression analysis.
The results of this study indicate that : (1) spiritual intelligence significantly positive correlation with student learning outcomes with correlatin coefficient value 0,695, (2) learning motivation no significant relationship with learning outcomes with correlion coefficient value 0,005. (3) The result of multiple linear regression show that there is influence of spiritual intelligence variables that see with t cout = 2295 > ttable = 1.99. There is no influence of learning motivation varable to the learning result shown with thitung = 0,017 > 1.99. The conclusion that there is influence of spiritual from learning motivation to learning outcomes, there is influence from F test tha there is influence of spiritual intelligence learning motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Spiritual; Motivasi Belajar dan Hasil Belajar; Spiritual Intellegence; Learning Motivation and Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9156 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |