Mukhlisoh, Wardatul (2014) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa di MA Sunan Syarif Hidayatullah Kejayan Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10410126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tingkat keberhasilan program pendidikan nasional yang berkembang selama ini dapat dilihat dari faktor-faktor teknis seperti perangkat keras dan perangkat lunak. Anak bersifat egosentris, dan memiliki rasa ingin tahu secara alamiah.Anak merupakan makhluk sosial, unik, kaya dengan fantasi, memiliki daya perhatian pendek, dan memiliki masa yang paling potensial untuk belajar. Kehidupan anak dapat ditentukan oleh lingkungan keluarga, untuk itu keperawatan anak harus mengenal keluarga sebagai tempat tinggal atau sebagai konstanta tetap dalam kehidupan anak. Pola asuh keluarga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Setiap keluarga biasanya memiliki pola asuh terhadap anak yang berbeda-beda. Cara orangtua mengasuh atau mendidik anak akan mempengaruhi perkembangan kemandirian anaknya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasi sebab akibat dimana untuk mengetahui pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Penelitian ini mengambil subyek penelitian di MA Sunan Syarif Hidayatullah Kejayan Pasuruan yang berjumlah 70 siswa. Karena subyek penelitian kurang dari 100 maka penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dengan menggunakan rumus product moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan dibantu program SPSS 16.0 for windows. Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa, penelitian ini menggunakan tehnik analisis regresi ganda.
Hasil dari analisis penelitian ini menunjukan bahwa variabel pola asuh otoriter mempunyai pengaruh tapi negative terhadap kemandirian siswa. Sedangkan untuk variabel demokratis dan permisif mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemandirian siswa. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan tehnik analisis regresi ganda diperoleh nilai R sebesar 0,336 yang menunjukan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa. Untuk angka R2 sebesar 0,113 atau 11,3% yang menunjukan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel pola asuh orang tua terhadap variabel kemandirian siswa sebesar 11,3% sedangkan sisanya (88,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
ABSTRACT
The success rate of national education programs that developed so far can be seen from technical factors such as hardware and software. Children are egocentric, and have a natural curiosity. Children are social, unique, rich in fantasy, have short attention spans, and have the most potential for learning. The child's life can be determined by the family environment, for which the child's nursing must know the family as a residence or as a constant in the child's life. Family parenting is very influential on the character formation of children. Each family usually has different parenting patterns. The way parents nurture or educate children will affect the development of independence of their children.
This research uses quantitative research type of causal correlation where to know the influence of a variable to other variables. This research took the subject of research in MA Sunan Syarif Hidayatullah Kejayan Pasuruan which amounted to 70 students. Because the research subjects are less than 100 then this research is called population research. Data collection methods used were questionnaires, interviews, observation and documentation. Validity used by product moment formula from Pearson, while the reliability test using Alpha Cronbach formula with assisted program SPSS 16.0 for windows. To know the influence of parenting pattern to student independence, this research use double regression analysis technique.
The result of this research analysis shows that the variable of authoritarian parenting has an influence but negatively on student independence. As for the democratic and permissive variables have a positive influence on student independence. From the calculation results using multiple regression analysis techniques obtained R value of 0.336 which indicates that there is a low relationship between parental parenting to the independence of students. For the number of R2 equal to 0,113 or 11,3% indicate that the contribution percentage of parenting parenting variable to student self-relation variable is 11,3% while the rest (88,7%) is influenced by other variable not included in this research model.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jamaluddin, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Kemandirian Siswa; Parenting; Independence Student | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:50 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2023 15:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9108 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |