Ummah, Ummi Latifatul (2017) Hubungan intensitas komunikasi dan kelekatan orang tua-anak dengan kecerdasan emosional siswa Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo 1 Tinggar Bandar Kedungmulyo Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410221.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Orang tua merupakan elemen sosial pertama bagi anak untuk tumbuh, berkembang serta berinteraksi. Hasil dari interaksi akan terbentuk sebuah komunikasi dan hubungan kedekatan orang tua-anak sehingga terbentuk suatu ikatan emosional. Tindakan anak yang suka membangkang atau melawan, suka mengamuk dan memaki, bandel dan tidak suka diam menjadikan keresahan orang tua. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengatur emosinya mengendalikan, memotivasi, empati dan memiliki ketrampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas komunikasi, kelekatan orang tua-anak dengan kecerdasan emosional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Subjek dari penelitian ini berjumlah 46 siswa. Untuk menjaga validitas ukur dilakukan menggunakan skala psikologis (likert) untuk skala kecerdasan emosional dengan reabilitasi α=0,762, skala intensitas komunikasi reabilitas α=0,778, skala kelekatan aman reabilitas α =0,703, kelekatan cemas α =0,980, kelekatan menghindar α =0, 731 dan analisis diolah dengan bantuan SPSS versi 21.00 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan; a) Korelasi intensitas komunikasi dan kecerdasan emosional sebesar 0,477 dengan signifikan 0,001, menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan. b) korelasi kelekatan aman -0,438 dan nilai signifikan sebesar 0,002, mempunyai pengaruh negatif dan signifikan, korelasi kelekatan cemas dan kecerdasan emosional memiliki korelasi -0,193 dan signifikan sebesar 0,199, mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan, korelasi kelekatan menghindar dan kecerdasan emosional -0,410 dan signifikan sebesar 0,005 mempunyai pengaruh negatif dan signifikan. c) korelasi antara intensitas komunikasi dan kecerdasan emosional sebesar 0,477 dengan signifikan 0,001, sedangkan korelasi kelekatan aman -0,438 dan nilai signifikan sebesar 0,002, korelasi kelekatan cemas dan kecerdasan emosional memiliki korelasi -0,193 dan signifikan sebesar 0,199, korelasi kelekatan menghindar dan kecerdasan emosional -0,410 dan signifikan sebesar 0,005. Menunjukkan bahwa kelekatan cemas dan kecerdasan emosional tidak memiliki hubungan sedangkan variabel intensitas komunikasi, kelekatan aman, kelekatan menghindar memiliki hubungan dengan kecerdasan emosional.
ENGLISH:
Parents are the first social element for children to grow, develop and interact. The result of the interaction will form a communication and the parent-child proximity relationship so that an emotional bond is formed. The act of rebellious or rebellious child, raging and cursing, stubborn and disgusting. Emotional intelligence is the ability of a person to manage the emotions control, motivate, empathy and social skills. This research aims at determining the relationship of Intensity of communication, parent-child attachment to emotional intelligence.
The method used product moment correlation technique. Subjects of this research amounted to 46 students. To maintain the validity of the measurements performed used a psychological scale (likert) for the scale of emotional intelligence with the reliability of α = 0.762, scale of Intensity of communication with reliability α = 0.778, safe attachment scale with reliability α = 0.703, anxiety attachment α = 0.980, stickiness dodge α = 0, 731 And data analysis was with the help of SPSS version 21.00 for windows.
The results of this research showed that; A) the correlation of communication intensity and emotional intelligence amounted 0.477 with significant of 0.001, indicated that both variables had a positive and significant influence. B) safe attachment correlation was -0.438 and significant value of 0.002, had a negative and significant effect, the correlation of anxiety attachment and emotional intelligence had a correlation of -0.193 and significant of 0.199, had a negative and insignificant influence, correlation of dodge attachment and emotional intelligence was -0.410 and Significance of 0.005 had a negative and significant influence. C) the correlation between the intensity of communication and emotional intelligence was 0.477 with significant 0.001, whereas the correlation of safe attachment was -0.438 and significant value of 0.002, correlation of anxiety attachment and emotional intelligence had a correlation of -0.193 and significant of 0.199, avoidance density correlation and emotional intelligence were -0.410 and significant of 0.005 showed that the attachment of anxiety and emotional intelligence had no relationship where as communication intensity variable, safe attachment, avoidance density had a relationship with emotional intelligence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Intensitas Komunikasi; Kelekatan Orang tua-Anak; Emotional Intelligence; Intensity Of Communication; Parent-Child Attachment | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:50 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9101 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |