Mubarokah, Novita Lailatul (2017) Pengaruh pola asuh demokratis terhadap prokrastinasi akademik melalui self efficacy pada siswa-siswi di MTS Darul Karomah Singosari Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410216.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pelajar dalam tingkat menengah pertama memiliki perilaku yang belum bisa membentuk sebuah tanggung jawab penuh, terkadang masih memikirkan bermain dengan teman.Proses belajar yang berada pada lingkungan madrasah mempunyai berbagai macam permasalahan yang terkadang muncul melalui faktor internal, bisa muncul faktor eksternal dalam diri anak. Oleh sebab itu, salah satu masalah yang diambil ialah tentang prokrastinasi akademik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik yang pada faktor internal maupun eksternal yaitu pola asuh demokratis dan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik Siswa MTs Darul Karomah Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Darul Karomah Singosari Malang. Sampel berjumlah 52, yang terdiri dari 45 siswa yang bertempat tinggal dirumah dengan orang tua dan 7 siswa yang bertempat tinggal di pondok, adapun yang di panti asuhan dengan menggunakan teknik purposive random sampling.
Hasil hipotetis pertama diterima, dalam hal ini mengenai adanya pengaruh antara pola asuh demokratis dengan prokrastinasi akademik dengan taraf signifikan 0.010 (p<0.05) dan pengaruhnya sebesar (-0.504). Disamping itu hipotesis yang kedua ditolak, mengenai pengaruh tidak langsung dari pola asuh demokratis terhadap prokrastinasi akademik melalui self efficacy, yaknit hitung = (-1.454) lebih kecil dari t tabel dengan tingkat signifikan 0.05 yaitu sebesar 2.01, maka dapat disimpulkan bahwa koefisien mediasi 0.10241 yang berarti bahwa pola asuh demokratis berpengaruh secara langsung terhadap prokrasrtinasi akademik, tapi tidak berpengaruh secara tidak langsung melalui self efficacy.Bisa diartikan bahwa self efficacy tidak menjadi variabel perantara melainkan variabel bebas yang memiliki hubungan dengan prokrastinasi akademik.
ENGLISH:
Students in the junior high school level have behaviors that can not yet form a full responsibility, sometimes it just thinks about playing with friends. The learning process in the school environment has the problems that sometimes arise through internal factors, while the external factors can appear in the child. Therefore, one of the problems that researchers take is about academic procrastination. There are several factors that influence the academic procrastination that can be on the internal or external factors, namely democratic parenting and self efficacy. This research aims at determining the influence of democratic parenting and self efficacy against academic procrastination of the Students of MTs Darul Karomah Singosari Malang.
This research used quantitative method. The subjects of the study were students of grade VIII MTs of DarulKaromahSingosari Malang. Sample amounted to 52, it consisted of 45 students who lived at home with parents and 7 students were in the cottage, the orphanage used purposive random sampling technique.
The hypothesis results, first, hypothetical result showed an influence between democratic parenting and academic procrastination with a significant level of 0.010 (p <0.05) and the effect was (-0.504) with percentage of -50.4%. The indirect effect of democratic parenting on academic procrastination through self efficacy, t count = (-1.454) was smaller than t table with a significant level of 0.05 that was equal to 2.01, it can be concluded that the coefficient of mediation was 0.10241 which meant that the democratic parenting directly to academic procrastination, but it influenced indirectly through self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Demokratis; Self Efficacy; Prokrastinasi Akademik; Democratic Parenting; Academic Procrastination | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:50 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9096 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |