Nugraheni, Egga Wahyu (2017) Pengaruh kemandirian dan kemampuan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 CEPU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13410077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Melalui sekolah, siswa belajar berbagai macam hal yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan prestasi belajar. Ada bebarapa faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dalam penelitian ini faktor internal dan ekternal yang diteliti adalah kemandirian dan penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kemandirian siswa, 2) mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa, 3) mengetahui tingkat prestasi belajar siswa, dan 4) mengetahui pengaruh kemandirian dan kemampuan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 CEPU kelas VIII dengan sampel 160 siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan Simple Random Sampling untuk menentukan subjek secara acak tanpa mempertimbangkan strata yang ada dalam populasi. Instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah skala kemandirian yang dikembangkan dari Steinbergh, skala penyesuaian diri yang dikembangkan oleh Sunarto dan prestasi belajar yang diambil dari nilai rata-rata raport semester Ganjil. Penelitian ini menggunakan analisis uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian siswa SMP Negeri 3 CEPU 54.5% berada pada kategori sedang, 27.5% berada pada kategori tinggi dan 18.1% pada kategori rendah. Pada tingkat penyesuaian diri diketahui bahwa 55% berada pada kategori sedang, 25% pada kategori tinggi dan 20% pada kategori rendah. Sedangkan tingkat prestasi beljar diketahui bahwa pada tingkat sedang sebesar 55.6%, pada tingkat tinggi sebesar 20.6% dan 23.8% pada kategori rendah. Hasil regresi linier berganda menujukkan bahwa kemandirian dan kemampuan penyesuaian diri berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 CEPU (F = 0.677. P < 0,05). Kemandirian dan penyesuiaian diri memberikan kontribusi sebesar (R2 = 0.426) atau dengan kata lain 42.6%.
ENGLISH:
Education is an effort or activity that is carried out with deliberate, organized and planned with the intent to change or develop desirable behavior. Schools as formal institutions are the means in order to achieve the educational goals. Through the school, students learn a variety of things that ultimately aim at improving learning achievement. There are any factors that can improve learning achievement, namely internal factors and external factors, in this research, the internal and external factors studied self-reliance (Independence) and self-adjustment. This research aimed at: 1) determining the level of student independence, 2) determining the level of adjustment of students, 3) determining the level of student achievement, and 4) the effect of self-reliance and self-adjustment toward student achievement. The subjects of this study were students of SMPN 3 CEPU of class VIII with a sample of 160 students. This research method was quantitative method by using simple random sampling to determine the subjects randomly without considering the existing strata of the population. Instrument used the scale of independence that was developed from Steinbergh, scale of adjustment that wasdevelopedby Sunarto and learning achievements that was taken from the average value of Odd semester report. This study used Multiple Linear Regression analysis. The results showed that the level of independence of students of SMPN3 Cepu was 54.5% namely in middle category, 27.5% were in the high category and 18.1% were in the low category. the level of adjustment was known that 55% were in the middle category, 25% were in the high category and 20% were in the low category. the level of learning achievement was known that at a middle level of 55.6%, at the high level of 20.6% and 23.8% were in the low category. The results of multiple linear regression showed that self-reliance and self-adjustment significantly affect student’s learning achievement at SMPN 3 Cepu (F = 0677, P <0.05). Independence and self-adjustment contributed (R2 = 0426) or in other words of 42.6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kemandirian; Penyesuaian Diri; Prestasi Belajar; Independence; Adjustment; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:10 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9066 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |