Na’im, Nur Jannatun (2017) Pengaruh berpikir positif terhadap motivasi berprestasi pada santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Walisongo Putri Cukir Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Santri adalah individu yang belajar ilmu agama di sebuah pondok pesantren. Di Indonesia santri tidak hanya belajar di pondok pesantren saja, melainkan juga di sekolah formal. Maka dari itu, mereka dituntut untuk memiliki motivasi berprestasi yang tinggi guna mempermudah jalannya pembelajaran dan mencapai prestasi yang memuaskan. Apalagi bila santri adalah seorang penghafal Qur’an. Selain di tuntut untuk berprestasi di sekolah, mereka juga dituntut untuk berprstasi pada hafalan mereka. Ketika individu diharuskan untuk memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, maka mereka harus menanamkan hal-hal positif pada dirinya. Berpikir positif memiliki cukup andil dalam menumbuhkan motivasi berprestasi, hal ini dikarenakan berpikir positif adalah kegiatan mental yakni proses intern yang dilakukan dengan memasukkan hal-hal positif dalam diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir positif dan motivasi beprestasi santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Cukir Jombang, serta untuk mengetahui pengaruh berpikir positif terhadap motivasi berprestasi pada santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Cukir Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Putri Cukir Jombang yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas atau SMK. Jumlah responden adalah keseluruhan dari populasi di devisi Tahfidz Qur’an Pondok Pesantren Walisongo Cukir Jombang yakni 91 Santri. Teknik sampling yang digunakan yaitu Total Sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala berpikir positif dan skala motivasi berprestasi. Skala berpikir positif yang berjumlah 22 item dengan koefisien validitas item antara 0,281 sampai 0,895 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,880. Skala motivasi berprestasi yang berjumlah 23 item dengan koefisien validitas item antara 0,316 sampai 0,578 dan koefisien reliabilitas sebesar 0, 815. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Walisongo Putri Cukir Jombang menunjukkan tingkat berpikir positif mayoritas berada pada kategori sedang terdapat 69 santri (76%), tingkat berpikir positif pada kategori tinggi terdapat 12 santri (13%) dan yang berada pada kategori rendah sebanyak 10 santri (11%). Tingkat motivasi berprestasi santri juga mayoritas berada pada kategori sedang 64 santri (70%), tingkat motivasi berprestasi pada kategori tinggi terdapat 15 santri (17%) dan tingkat motivasi berprestasi pada kategori rendah terdapat 12 santi (13%). Hasil regresi sederhana menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Berpikir Positif terhadap Motivasi Berprestasi yang signifikan dengan taraf signifikansi yang didapat sebesar 0.000 (p<0.50). Sehingga dapat disimpulkan, semakin tinggi tingkat berpikir positif pada santri, maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi yang dimilikinya.
ENGLISH:
Santri are individuals who study religious knowledge in a boarding school. In Indonesia santri not only learn in boarding school only, but also in formal school. Therefore, they are required to have high achievement motivation in order to facilitate the course of learning and achieve satisfactory achievement. Especially when a santri is a memorizer of the Qur'an. In addition to demand to excel in school, they are also required to berprstasi on their memorization. When individuals are required to have high achievement motivation, they must instill positive things in themselves. Positive thinking has enough contribution in cultivating achievement motivation, this is because positive thinking is a mental activity that is the internal process done by inserting positive things in the individual. This study aims to determine the level of positive thinking and motivation beprestasi santri memorize the Qur'an in Walisongo’s boarding school Cukir Jombang, and to determine the influence of positive thinking on achievement motivation in the Qur'an memorizing students in Pondok Pesantren Cukir Jombang. This type of research uses a quantitative approach. The population in this research are student of Qur'an memorizing in Walisongo’s boarding school Cukir Jombang who are studying in High School or SMK. The number of respondents is the whole of the population in the Tahfidz Qur'an division of Walisongo’s boarding school Cukir Jombang which is 91 students. Sampling technique used is Total Sampling. Research data were taken using positive thinking scale and achievement motivation scale. The scale of positive thinking which amounted to 22 items with the item validity coefficient between 0.281 to 0.895 with reliability coefficient of 0.880. Achievement motivation scale which amounted to 23 items with the item validity coefficient between 0.316 to 0.578 and reliability coefficient of 0, 815. The result of the research shows that the students of Qur'an devotion at Walisongo’s boarding school Cukir Jombang showed that the majority of positive thinking was in the moderate category, there were 69 students (76%), the positive thinking level in the high category was 12 students (13%) and Low category of 10 students (11%). Level of achievement motivation santri also majority are in medium category 64 students (70%), level of achievement motivation in high category there are 15 students (17%) and level of achievement motivation in low category there are 12 students (13%). Simple regression results indicate that the influence of Positive Thinking on Achievement Motivation significant with the level of significance obtained by 0.000 (p <0.50). So it can be concluded, so high level of positive thinking on santri, the higher the achievement motivation he has.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Berpikir Positif; Motivasi Berprestasi; Positive Thinking; Achievement Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:10 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9064 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |