Responsive Banner

Pengaruh forgiveness terhadap psychological well-being pada mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rohmah, Nurur (2017) Pengaruh forgiveness terhadap psychological well-being pada mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13410176.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Konflik yang terjadi didalam dunia perguruan tinggi seringkali mempengaruhi aspek psychological well-being pada mahasiswa baru. Oleh karena itu, perilaku memaafkan (forgiveness) dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan kualitas psychological well-being-nya. Latar belakang budaya yang beragam kemungkinan juga bisa mempengaruhi kualitas psychological well-being pada mereka. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh forgiveness terhadap psychological well-being pada mahasiswa baru ditinjau dari latar belakang budaya mereka.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah subjek sebanyak 356 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random. Sementara pengumpulan datanya dilakukan menggunakan skala TRIMS (Transgression Related Interpersonal Motivation Scale) dan RPWB (Ryff Psychological Well-being). Analisis data yang digunakan untuk menguji pengaruh forgiveness dan latar belakang budaya terhadap psychological well-being adalah analisis kovarian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (2016/2017) memiliki tingkat forgiveness sedang dengan prosentase sebanyak 67,4 % dan tingkat psychological well-being yang juga sedang dengan prosentase sebanyak 69,9%. Sementara latar belakang budayanya yang terbanyak adalah budaya Jawa. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig = 0,000 atau Sig < 0,05 artinya bahwa forgiveness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap psychological well-being. Sementara budaya memiliki nilai sig = 0,412 atau sig > 0,05 yang artinya budaya tidak berpengaruh terhadap psychological well-being pada mahasiswa.

ENGLISH:

The conflict that occurred in the university life could affect psychological well-being aspect of the new students. Therefore, forgiveness could help the new students to improve the quality of their psychological well-being. The multicultural background had possibly influence to the new students psychological well-being quality. The aim of this study was to identify the effect of forgiveness toward psychological well-being on the new students from the cultural view.

This research has been done by using quantitative method with 356 new students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (2016/2017 UY) who were selected randomly. This study was measured by TRIMS (Transgression Related Interpersonal Motivation Scale) and RPWB (Ryff Psychological Well-Being). the covariance data analysis was used to examine the effect of forgiveness and cultural background toward psychological well-being.

The result of this study showed that the new students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang had medium level of forgiveness (67,4%) and psychological well-being (69,9%) with the cultural dominant was Java culture. The data analysis addressed that the forgiveness significantly affected the psychological well-being (p=0,000 or p < 0,05), but the culture didn’t have affect toward the new students psychological well-being (p=0,412 or p > 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sholichatun, Yulia
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSholichatun, YuliaUNSPECIFIED
Keywords: Forgiveness; Psychological Well-Being; Budaya; Culture
Departement: Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 12 Jan 2018 15:42
Last Modified: 06 Apr 2023 09:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9057

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item