Hubungan kecerdasan emosi dengan penyesuaian pada siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang

Kiftiya, Kiftiya (2017) Hubungan kecerdasan emosi dengan penyesuaian pada siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
13410069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Penyesuaian diri merupakan salah satu kegiatan manusia yang sangat penting untuk menjalani kehidupannya. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannya kebanyakan dikarenakan proses penyesuaian diri yang kurang baik. Penyesuaian diri adalah usaha manusia untuk mencapai keharmonisan pada diri sendiri dan lingkungannya. Keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam meraih kesuksesan dalam kehidupannya dipengaruhi banyak faktor, salah satunya yang terpenting adalah faktor kecerdasan, kecerdasan bila tidak disertai dengan pengolahan emosi yang baik, tidak akan mengantar seseorang ke dalam keberhasilannya. Hal inilah yang merupakan alasan pentingnya kecerdasan emosi dalam penyesuaian diri. Hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri ini perlu diuji karena juga terdapat teori yang mengatakan bahwa salah satu kriteria penyesuaian diri adalah mampu mengekspresikan emosi dalam diri sendiri. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui tingkat kecerdasan emosi siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang, (2) mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang, (3) mengetahui adakah hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian pada siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan korelasional. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik korelasi spearman. Sampel yang diambil 119 siswa dengan teknik quota sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala yaitu skala kecerdasan emosi dari Goleman (1999), dan untuk penyesuaian diri peneliti mengadaptasi serta memodifikasi dari penelitian Kurniawan, 2013, yang digunakan skala penyesuaian diri berdasarkan teori menurut Schneiders (1964). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosi siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang dari 119 siswa berada pada kategori sedang yaitu 72,3% sebanyak 86 siswa. Sedangkan pada penyesuaian diri berada pada kategori tinggi yaitu 95,8% sebanyak 114 siswa. Hasil analisis korelasi spearman menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri yang ditunjukkan dari hasil korelasi sebesar (0,325) dengan sig (P) = 0,00<0,05. Sementara itu, nilai koefisien determinasi (r²) sebesar 0,1056 menunjukkan bahwa kecerdasan emosi memberikan sumbangan sebesar 10% terhadap penyesuaian diri pada siswa baru SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi, maka semakin baik pula penyesuaian dirinya.

ENGLISH:

Adaptation is one of the most important human activities to live the life. The problems that are faced by humans in their lives were a poor adjustment process. Adjustment is a human effort to achieve harmony in their selves and the environment. Success or failure of a person in achieving success in his life is influenced by many factors, one of which is the most important factor of intelligence, intelligence when not accompanied by good emotional processing, will not lead someone into its success. This is the reason for the importance of emotional intelligence in adjustment. The relationship between emotional intelligence and adaptation needs to be tested because there is also a theory that one of the criteria of adaptation is being able to express emotions. This research aimed (1) to know the level of emotional intelligence of new students of Islamic Junior High School Al-Maarif 01 Singosari of Malang, (2) to know the level of adjustment of new students of Islamic Junior High School Al-Maarif 01 Singosari Malang, (3) to know the relationship between emotional intelligence with adaptation on the new students of Islamic Junior High School Al-Maarif 01 Singosari Malang. This research used quantitative research methods and correlational approach. The data obtained were analyzed using spearman correlation statistic. Samples were taken by 119 students with quota sampling technique. The measuring tool used the scale of the emotional intelligence scale of Goleman (1999), and for adaptation the researcher adapted and modified from Kurniawan's research, 2013, which it was used adaptation scales based on Schneiders theory (1964). The results showed that the level of emotional intelligence of new students SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari of Malang from 119 students was in the moderate category, namely 72.3% of 86 students. the adaptation in the high category was 95.8% as many as 114 students. The results of spearman correlation analysis showed that there was a positive correlation between emotional intelligence with adaptation that was revealed from correlation result (0,325) with sig (P) = 0, 00 <0,05. Meanwhile, the coefficient of determination (r²) of 0.1056 showed that the emotional intelligence contributed 10% against the adaptation of the new students of Islamic Junior High School Al-Maarif 01 Singosari Malang. So, it can be concluded that the higher of the level of emotional intelligence, so, the better of the adaptation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mahpur, Mohammad
Keywords: Kecerdasan Emosi; Penyesuaian Diri; Emotional Intelligence; Adaptation
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:10
Last Modified: 12 Jan 2018 08:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item