Sodikin, Sodikin (2014) Implementasi pembelajaran PAI berbasis kemampuan otak dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di MTs AlYasini. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11770057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ditengah derasnya era globalisasi yang sangat cepat, membawa dampak positif dan negatif dalam berbagai sektor terutama dalam pendidikan. Jaminan mutu menjadi harga mati dalam pelaksanaan lembaga pendidikan. Keberadaan guru yang berkualitas tinggi sangat dibutuhkan untuk memberikan kepercayaan pada masyarakat dalam memberikan jasa layanan pendidikan. Untuk itu, sebagai seorang pendidik harus mempunyai rencana yang kuat untuk menjawab tantangan-tantangan itu. Salah satu upaya yang wajib dilakukan oleh pendidik adalah bagaimana mereka mampu memberikan pelayanan pembelajaran yang mampu menggali segala potensi yang ada dalam diri peserta didik agar nantinya menjadi manusia-manusia yang handal dalam ilmu pengetahuan serta dibarengi dengan akhlak mulia dalam mengarungi kehidupannya.
Penelitian ini menggunakan true eksperimen dalam bentuk Pretes-Postes Control Group Design. Dengan penelitian 2 kelas, kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas control, dengan populasi seluruh kelas 8 MTs Al-Yasini Pasuruan. Dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Yasini Pasuruan tahun ajaran 2013/2014, pada materi perilaku tercela dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kemampuan otak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan evaluasi hasil belajar aspek kognitif untuk mengetahui hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS 13. Hasil pretes menunjukkan bahwa keadaan kedua kelompok kelas bersifat normal dan homogen. signifikansi dari motivasi belajar sebesar 0,502> 0,05, untuk kelas control signifikansinya sebesar 0,408> 0,05. Sedangkan uji normalitas hasil belajar pada kelas eksperimen signifikansinya sebesar 0,564> 0,05 dan dari kelas control sebesar 0,489>0,05. Dari uji homogenitas motivasi belajar pada kelas eksperimen didapat signifikansi sebesar 0,486> 0,05, dan untuk kelas control sebesar 531> 0,05, sedangkan untuk hasil belajar pada kelas eksperimen didapat signifikansi sebesar 0,332> 0,05, dan untuk kelas control sebesar 0,874> 0,05.
Pada analisis tahap akhir, uji yang digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata dari kedua kelompok kelas. Berdasarkan hasil analisis uji t nilai postes motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen dengan motivasi dan hasil belajar kelas kontrol.
ENGLISH:
In the globalization era which very quickly, bring positive and negative impacts in so many sector especially in education. Quality assurance become dead price n the implementation of educational institutions. The existence of high quality teachers are needed to give the public confidence in providing education
services.
So, as a educator have to special method to answer these challenges. One of the effort which is obligated to be done by educators is how they can give service of learning to explore all the potential in the self-learners that later became the humans who are reliable in science and moral excellence coupled with wading life. This research was conducted to know whether there is an increase in motivation and learning outcomes of eighth grade students of MTs Al-Yasini Pasuruan school year 2013/2014, at culpable behavior items by using study modal
brain based learning.
This research design is by using True Experimental Design in the from of pre-test-post-test control group design. By research on 2 classes, class A is used as experimental class while class B is used as a control class, white all of 3 grade students of MTs of Al-Yasini of Pasuruan as the population. The approach in this research uses descriptive quantitative.
The instrument which used in the research is questionnaire to know the motivation learning and students result of learning cognate aspect to know the result learning students which is later, then analyzed by using aid of SPSS 13. Pretest results indicate that the state of the two groups are normal and homogeneous class. The significance of motivation to learn at 0.502> 0.05, for grade control significance of 0.408> 0.05. While the normality test learning outcomes in the experimental class significance of 0.564> 0.05 and from grade control at 0.489> 0.05.
From motivation Homogeneity test learning at experimental class obtained a significance of 0.486> 0.05, and for grade control at 531> 0.05, , while for the results obtained experimentally studied in class significance of 0.332> 0.05, and for grade control at 0.874 > 0.05 This research design use pretest-postest control group design. . At final phase of the analysis, the test used to know the average difference of the two groups of classes. Based on the results of t test analysis posttest value motivation and learning outcomes obtained significance value of 0.000 <0.05, so it can be concluded that there is a real difference between motivation and learning outcomes of the experimental class with motivation and learning outcomes of the control class.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Rasmianto, Rasmianto | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak; Motivasi; Hasil Belajar; Brain Based Learning; Motivation; Learning Outcomes | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | |||||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 22:58 | |||||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 22:58 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9052 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |