Maria, Haniam (2017) Pengaruh determinasi diri dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa jurusan pendidikan dokter di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13410045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan resiliensi akademik yang baik dibutuhkan oleh remaja dalam menghadapi masa awal di perguruan tinggi karena kemampuan ini diperkirakan dapat membantu mereka untuk bertahan dalam menghadapi tantangan ataupun hambatan khususnya di bidang akademik. Kemampuan ini sendiri tak lepas dari faktor-faktor internal maupun eksternal, diantaranya adalah determinasi diri dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat determinasi diri, dukungan sosial, dan resiliensi akademik pada mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; 2) pengaruh determinasi diri terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; 3) pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; 4) dan pengaruh determinasi diri dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sampel berjumlah 49 orang, yakni 20 mahasiswa putra dan 29 mahasiswa putri dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Skala yang digunakan dalam penelitian merupakan skala resiliensi akademik yang disusun oleh Martin & Marsh (2006) dengan koefisien alpha (α) = 0,829, skala determinasi diri yang disusun oleh Deci & Ryan (2000) dengan koefisien alpha (α) = 0,838, dan skala dukungan sosial yang disusun oleh Cohen & Hoberman (1983) dengan koefisien alpha (α) = 0,932. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki tingkat determinasi diri, dukungan sosial, dan resiliensi akademik dalam kategori sedang; 2) determinasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 (p<0,05); 3) dukungan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap resiliensi akademik mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,159 (p > 0,05); 4) dan ada pengaruh yang signifikan antara determinasi diri dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan taraf signifikansi 0,006 (p<0,05) dan pengaruhnya sebesar 20,1%.
ENGLISH:
Good ability of academic resilience is needed for teenagers in the early years of college because this ability is expected to help them facing the challenges or obstacles especially in the academic field. This ability itself cannot be separated from internal and external factors, such as self-determination and social support. This study aimed to determine 1) the level of self-determination, social support, and academic resilience of students majoring in Doctor Education at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; 2) the influence of self-determination on the resilience of students majoring in Doctor Education at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; 3) the influence of social support on the resilience of students majoring in Doctor Education at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang; And 4) the influence of self-determination and social support to the academic resilience of students majoring in Doctor Education at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. This research used quantitative research method. The subjects of this research were students majoring in Doctor Education of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. The sample was 49 people, i.e. 20 male and 29 female students by using saturated sampling technique. The scales used in this study were the academic resilience scale composed by Martin and Marsh (2006) with alpha coefficient (α) = 0.829, self-determination scale composed by Deci & Ryan (2000) with alpha coefficient (α) = 0.838, And the social support scale composed by Cohen & Hoberman (1983) with alpha coefficient (α) = 0.932. The results showed that the majority of students majoring in Doctor Education of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang had medium category level of self-determination, social support, and academic resilience. The result of hypothesis analysis showed that there was significant influence from self-determination and social support to the academic resilience of students majoring in Doctor Education at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang with significance level of 0,006 (p <0,05) and its influence by 20.1%. Separate analysis found that self-determination significantly affected the academic resilience of students with a significance value of 0.004 (p <0.05). Meanwhile, social support did not significantly affect the academic resilience of students with a significance value of 0.159 (p> 0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Determinasi Diri; Dukungan Sosial; Resiliensi Akademik; Self Determination; Social Support; Academic Resilience | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:01 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9040 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |