Handayani, Handayani (2014) Implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan multikultural dalam membangun toleransi beragama di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11770017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai beragam suku bangsa, ras, bahasa, agama dan perbedaan sosial lainnya. Sehingga kebudayaan nasional Indonesia menjadi sebuah kebudayaan yang merupakan perpaduan dari beragam budaya bangsa yang ada di Indonesia. Islam sebagai agama dan sekaligus sebagai sistem peradaban mengisyaratkan pentingnya pendidikan. Islam yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat yang multikultural mengharuskan adanya pendidikan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta menghormati keberagaman mereka termasuk bertoleransi terhadap perbedaan yang ada, karena dalam Islam keberagaman adalah Sunnatullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan implementasi pendidikan agama Islam (PAI) berwawasan multikultural di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Malang dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam (PAI) berwawasan multikultural di SMA Negeri 8 Malang?; 2) Bagaimana dampak pendidikan agama Islam (PAI) berwawasan multikultural dalam membangun toleransi beragama di SMA Negeri 8 Malang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Implementasi pendidikan agama Islam (PAI) berwawasan multikultural di SMAN 8 Malang, dilakukan melalui 2 tahap, yaitu: a) Kegiatan pembelajaran di kelas, melalui: (1) Doa pagi bersama; (2) Memberi kesempatan kepada semua siswa untuk mendapatkan pelajaran agama sesuai dengan kepercayaannya masing-masing; (3) Bersikap universal dan tidak membeda-bedakan siswa; (4) Memberi keteladanan; (5) Menjunjung sikap menghormati dan menghargai; b) Implementasi PAI berwawasan multikultural dalam kegiatan sekolah di luar kelas, melalui: a) Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan pada saat kegiatan dan peringatan hari besar Islam, serta shalat Jum’at dan keputrian; b) Kegiatan yang bersifat sosial. 2) Dampak dari implementasi pendidikan agama Islam (PAI) berwawasan multikultural dalam membangun toleransi beragama di SMA Negeri 8 Malang antara lain: a) Terciptanya suasana belajar yang nyaman dan kondusif; b) Aktivitas sekolah berjalan lancar dan mempunyai toleransi yang tinggi; c) Terwujudnya kerukunan hidup beragama dan keharmonisan dalam perbedaan; d) Menghindari terjadinya konflik dan perpecahan; e) Terciptanya budaya saling menghormati, menghargai dan menerima perbedaan.
ENGLISH:
Indonesia is one of states which has diverse ethnics, racials, linguistics, religious and other social differences. So Indonesian national culture become a culture that is a blend of diverse cultures that exist in Indonesian nation. Islam as a religion and civilization suggests the importance of education. Islam which growing up the midst of a multicultural society requires education that upholds human dignity and respecting their diversity including tolerant of differences, because in Islam, diversity is sunnatullah.
This research aims at describe or explain the implementation of Islamic education insightful multicultural at senior high school 8 Malang, on the focus of this research: 1) How is the implementation of Islamic education insightful multicultural at senior high school 8 Malang?; 2) How is the impact of the implementation of Islamic education insightful multicultural in building religious tolerance?.
This research uses qualitative descriptive approach. Data collection method is interviews, observation and documentation. Data analysis techniques in this research include four interrelated component: data collection, data reduction, data display and conclution drawing or verifying. Checking the validity of this data using four criterias: credibility, transferability, dependability and comfirmability.
The conclusion of this research is: 1) The implementation of Islamic education insightful multicultural at senior high school 8 Malang, carried out in two stages: a) Learning activities in the classroom, by: (1) Morning prayer together; (2) Provide an opportunity for all students to get religious lesson in accordance with their respective beliefs; (3) Being universal and non-discriminatory students; (4) giving exemplary; (5) Uphold an attitude of respect and appreciate. b) The implementation of Islamic education insightful multicultural in school activities: (1) Religious extracurricular activities undertaken during the commemoration activities and Islamic great day, Friday prayer and womenhood; (2) Social activities. 2) The impact of the implementation in Islamic education insightful multicultural in building religious tolerance at senior high school 8 Malang is: a) Created an atmosphere which comfortable and conducive learning; b) School activities run smoothly and and have a high tolerance; c) The realization of religious harmony and harmony in difference; d) Avoid the conflict and separation; e) Created a culture of mutual respect, appreciate and accept differences.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Tamrin, Dahlan and Muhaimin, Muhaimin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Implementasi; Pendidikan Agama Islam; Multikultural; Toleransi Beragama; Implementation; Islamic Education; Multicultural; Religious Tolerance | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:48 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9024 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |