Puspitarini, Winanti Diyah (2014) Model pengembangan program takhasus Al-Qur’an sebagai pendukung mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al Izzah Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11770010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan slahsatu unsure yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembentukan watak dan kepribadian pserta didik. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Agama Islam harus bisa menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an, bukan hanya sekedar menyampaikan materi dan menghafalkan ayat-ayat, namun dalam kehidupan sehari-hari peserta didik bisa menjadi insan yang lebih baik. Oleh karena itu perlu adanya suatu program yang bisa mendukung pembelajaran PAI, sehingga diharapkan nantinya mampu membangkitkan semangat cinta al-Quran dan mengamalkannya, sehingga nantinya bisa menyelesaikan permasalahan hidunya dengan nilai-nilai al-Quran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Tujuan yang ingin dicapai Program Takhasus oleh SMP Al Izzah, (2) Proses Pelaksanaan Program Takhasus Al Qur’an di SMP Al Izzah Batu. (3) Proses Evaluasi Program Takhasus Al Qur’an di SMP Al Izzah Batu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Penanggung jawab Program Takahsus, Guru PAI dan Guru Takahsus Al-Qur’an, Pengecekan keabsahan data menggunkan triangulasi sumber dan Metode.
Hasil temuan penelitian ini menungungkapkan bahwa: (1) Tujuan yang ingin dicapai Program Takhasus adalah: Pertama, Mencetak muslimah yang hafidzhah minimal 15 juz (untuk takhassus dan SMA) dan 5 juz (untuk non takhassus). Kedua, Mewujudkan generasi muslimah yang cinta al-Quran. Ketiga, Mewujudkan generasi yang mampu mengamalkan nilai-nilai al- Quran dan mengajarkannya..(2) Proses Pelaksanaan Program Takhasus, dilakukan pada kegiatan Intrakurikuler dan Program pengembangan diri, dengan jadwal yang telah dilakukan, sedangkan model Pengembangan program adalah mengikuti Model Pengembangan Bauchamp’s.(3) Proses Evalausi yang dilakukan ada 4 tahapan yaitu Penilaian Harian, Penilaian Mingguan, Penilaian Bulanan, Penilaian Semesteran, dengan melihat aspek kelancaran dan Kefasihan hafalan peserta didik.
ENGLISH:
The Islamic Educational Leson curriculum is one of unsparated elements inthe character and personality building for students. The Islamic Education should be internalizing Al-Qur’an values in its implementation, it isn’t only in the material delivering and reciting its verses but in the students daily routines should be guidence for a better human being. There for, there is should be a program that could support the Islamic Lesson, so hopefully this program will awakened the Al-Qur’an anthusiasm and how to apply it regularly in the daily life beside it will solve societies problems by practicing al-Qur’an values.
This research intents to know, (1) The goal that wants to reach in the Al-Qur’an Takhassus program in SMP Al-Izzah Batu, (2) The implementaion of Al-Qur’an TakhassusProgram in SMP Al-Izzah Batu, (3) The Evaluation proscess of Al-Qur’an Takhassus Program in SMP Al-Izzah Batu.
This research use Qualitative method by cases study. While the data colletion done by interviews, observations and documentations. Those the informant in this research is The headmaster, the care taker of Al-Qur’an Takhassus program, the Islamic education teacher and the Takhassus program’s teachers. Further more, the data validation checking system are triangulation informants and its method.
More over, the research result reveals those are : (1) the purposes that Takhassus programs wants to reach are: first, produce Hafidzah Muslimah those can commit to memory of Al-Qur’an atleast 15 juz (for takhassus and Senior High school) and 5 juz (for the other then Takhassus). Second, actualizing muslimah generations those full of love with Al-Qur’an. Third, creating generation that will be able to put Al-Qur’an’s value in practice and teach it to others. (2) The Takhassus program implementation done by intra-curricular and self-development program with defined schedule. More over, the development program following mtheBauchamp’s development model. (3) The evaluation process have done in 4 steps, those are: Daily evaluation, weekly evaluation, monthly evaluation and semester evaluation by
observing students’s fluency and oratory in recitation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Model Pengembangan Program; Takhasus Al-Qur’an; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Program Improving Developement; Al-Qur’an Takhassus; Islamic Educational Lesson | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:49 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9006 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |