Modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren: Studi kasus di Yayasan Pondok Modern Al-Rifai Gondanglegi Malang

Falah, Silvia (2014) Modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren: Studi kasus di Yayasan Pondok Modern Al-Rifai Gondanglegi Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10770021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Modernisasi dalam dunia pendidikan merupakan hal yang mutlak dilakukan. Modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren menjadi garda terdepan dari modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Peran pesantren yang begitu kuat dalam mencerdaskan bangsa membuatnya harus berbenah diri dari berbagai kekurangan. Keberadaannya yang menjadi alternatif pendidikan Islam terlaris harus diimbangi dengan peningkatan mutu pada sistem pendidikannya. Agar bisa survive dan berkembang ia harus memodernisasikan dirinya melalui pembaharuan di sistem pendidikannya. Agar ia bisa menjadi rujukan semua kalangan masyarakat dalam memilih pendidikan bagi putra-putrinya. Dari pemikiran itulah penelitian ini bermula.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisa sistem pendidikan pondok pesantren yang diterapkan oleh Yayasan Pondok Modern Al-Rifai (YPMA), 2) untuk menganalisa bentuk modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren yang dilakukan oleh YPMA, dan 3) untuk menganalisa dampak modernisasi bagi keberlangsungan YPMA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian single study case (studi kasus tunggal). Obyek penelitian adalah keseluruhan sistem pendidikan di YPMA Gondanglegi Malang. Prosedur pengumpulan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Peneliti melakukan editing, koding, meaning, dan tabulasi pada data yang diperoleh sebelum melakukan analisis data. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian peneliti melakukan pengecekan terhadap keabsahan data dengan teknik triangulasi dan peerderieting (pemeriksaan sejawat melalui diskusi).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sistem pendidikan pondok pesantren yang diterapkan oleh YPMA terdiri dari sub bagian sistem yang disebut unit dengan total 7 unit pendidikan, yaitu SMP Al-Rifai, SMA Al-Rifai, SMK Modern Al-Rifai, LBEA (lembaga bahasa dan ekstrakulikuler), MDA (madrasah diniyah), MMQA (madrasah murottilil quran), dan Ma’had ‘Aly al-Madinah. Ketujuh unit pendidikan ini diklasifikasikan kedalam empat macam sistem, yaitu sistem pendidikan pondok pesantren, sistem pendidikan sekolah umum/formal, sistem pendidikan madrasah, dan sistem pendidikan life skill; 2) bentuk modernisasi yang terjadi di PMA diklasifikasikan kedalam dua bentuk, yaitu modernisasi secara fisik dan non fisik yang meliputi pembaharuan infrastruktur pendidikan, pembaharuan kelembagaan, pembaharuan kurikulum, pembaharuan metode pembelajaran, pembaharuan media pembelajaran, pembaharuan mutu tenaga pendidik, dan pembaharuan bentuk evaluasi; dan 3) dampak dari modernisasi yang diterapkan oleh PMA terhadap keberlangsungan PMA sendiri adalah semakin tingginya kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat terhadap pendidikan yang ditawarkan oleh PMA. Hal ini secara signifikan berdampak pada peningkatan jumlah santri.

ENGLISH:

Modernization in education world is an absolute thing to do. Modernization in educational system of Islamic boarding school become foremost thing of Islamic education in Indonesia. The role of Islamic boarding school that is strong in educating nation had made it a must to improve it from any lacks. Its existence that become the most popular alternative of Islamic education must be balanced with the increasing of quality in education system. In order to be survived and developed, they must modernize themselves through innovation in education system. So that they became reference in all society in choosing education for their children. Those are the start of the study.

The purpose of the study are1) too describe education system in Islamic more beautiful boarding school applied by YPMA 2) to analyze modernization form of education system in Islamic boarding school did by YPMA 3) to analyze the effect of modernization in YPMA.

This study used descriptive quality with single single study case. The object of this study is all education system in YPMA Gondanglegi Malang. The researcher did editing, coding, meaning and tabulation to the subject of the study, got before doing data analysis. To do data analysis, the researcher used descriptive data analysis technique with reduction data phase, ordering data and concluding data. Next, the researcher did checking to the validity of the data with triangulation technique and peerderieting.

The result of the study showed that 1) education system in Islamic boarding school applied by YPMA consists of sub system, called unit with total 7 education units. They are SMP Al-Rifai, SMA Al-Rifai, SMK Modern Al-Rifai, LBEA (language and extracurricular institute), MDA (diniyah school), MMQA and Ma'had 'Ally Al-Madinah. These seven education units are classified into 4 system s. They are Islamic boarding school, formal school, Islamic school and life skill education system. 2) The form of modernization happened in YPMA are classified into two forms. They are modernization physically and non physically, including infrastructure, institutional, curriculum, learning method, learning media, education quality and evaluation renewal. 3) The effect of modernization applied by YPMA to the existence of themselves is the higher believe of society to the education offered by YPMA. This is significantly affected to the increasing of the students.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin and Mulyadi, Mulyadi
Keywords: Modernisasi; Sistem Pendidikan Pondok Pesantren; YPMA; modernization; educational system; Islamic boarding school
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:49
Last Modified: 12 Jan 2018 08:49
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9004

Actions (login required)

View Item View Item