Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTs Ma’arif Sukorejo-Pasuruan

'Aini, Nur (2014) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTs Ma’arif Sukorejo-Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09110213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Hal yang paling mendasar dari sebuah proses yang bernama pendidikan adalah membangun karakter bagi para anak didik yang terlibat di dalamnya. Inilah kenapa tidak sedikit yang berpendapat bahwa pendidikan karakter adalah jiwa atau ruh dari sebuah pendidikan. Tanpa pendidikan karakter di dalamnya, proses pendidikan tak lebih hanya semacam mencegah otak bagi para anak didik di sekolah. Bila hal ini terjadi, alangkah mirisnya kehidupan para anak didik di masa mendatang, yakni akan menjadi orang-orang yang mempunyai kecerdasan intelektual, namun tidak terbangun karakter secara baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana konsep MTs Ma‟arif Sukorejo dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter? (2) Bagaimana pelaksanaan internlisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTs Ma‟arif Sukorejo-Pasuruan? (3) Seberapa berhasilkan internalisasi nilai pendidikan karakter di MTs Ma‟arif Skorejo?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui konsep internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTs Ma‟arif Sukorejo-Pasuruan, (2) Mengetahui pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MTs Ma‟arif Sukorejo-Pasuruan, (3) Mengetahui hasil internalisasi nilai-nilai endidikan karakter di MTs Ma‟arif Sukorejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deakriptif kualitatif, yaitu secara langsung objek penelitian yang dijadikan penelitian dan memahami bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai. Kemudian menganalisisnya dengan menggunakan deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data tertulis lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaaan yang sebenarnya. Selain itu penulis juga melampirkan table untuk mendukung uraian yang sebenarnya ada di lapangan. Dari hasil penelitian, penulis menemukan upaya yang dilakukan oleh sekolah, pelaksanaan internalisasi nilai yaitu dengan cara melihat, meniru, mengingat menyimpan, kemudian mengaplikasikan dalam bentuk perilaku. Strategi yang di gunakan yaitu melalui kegiatan belajar di dalam kelas, dan juga melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hasil yang diperoleh dalam internalisasi ini cukup baik meskipun ada beberapa nilai karakter yang belum maksimal.

ENGLISH:

The basic of educational process is building of character for students who are involved in it. That‟s why not a few people who believe that character education is the soul or spirit of an education, without character education in the school, the process is no more than a kind of education prevent brain for the students at the school. When this occurs, it would be tragic lives of the students in the future. They wil become people who have good intellectual, but they do not have building character well. The research problems are; (1) how does the concept of MTs Maarif Sukorejo in the internalization of the values of character education? (2) How the implementation of internalization of character education values in MTs Maarif Sukorejo-Pasuruan? (3) How far the succesfull of internalization of character education in MTs Maarif Sukorejo?. The objectives of this study are : (1) Knowing the concept of internalizing the values of character education in MTs Maarif Sukorejo-Pasuruan , (2) Knowing the implementation of internalization the values of character education in MTs Maarif Sukorejo-Pasuruan , (3) knowing the result of the internalization of the values of the characters in MTs Maarif Education Sukorejo. This study used descriptive qualitative research methods, which is directly used as the research object, and understand how the implementation of internalization. Then the researcher analyzed using descriptive qualitative data in the form of written and spoken of the observed behavior, so the writer can describe thoroughly about the actual circumstances. Moreover, the writer also attaches a table to support actual description in the field.. From the result of this research, the writer found the efforts which is made by the school in the implementation of the internalization are as follow; seeing , imitating , remembering , saving and then applying in the form of behavior . The strategy used is through learning activities in the classroom, and also through extracurricular activities. The results obtained in this internalization is quite good, although there are some characters that value is not maximized yet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujab, M.
Keywords: Internalisasi; Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Internalization; Character Education Values
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 11 Feb 2018 11:45
Last Modified: 11 Feb 2018 11:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item