Hidayat, Rahmat Rizal (2014) Peran pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam : Studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Ngunut, Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110201.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam, Pada tahun 70-an, Abdurrahman Wahid telah mempopulerkan pesantren sebagai sub-kultur dari bangsa Indonesia. Ditengah derap kemajuan ilmu dan teknologi yang menjadi motor bergeraknya modernisasi, dewasa ini banyak pihak merasa ragu terhadap eksistensi lembaga pendidikan islam. Sebagai suatu lembaga pendidikan, sangat ditekankan adanya peningkatan kualitas sebagai jawaban terhadap kebutuhan dan dinamika masyarakat yang sedang berkembang. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung meupakan salah satu pondok favorit diwilayah Ngunut, adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti ialah untuk mengetahui peran pondok dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam, dan mengetahui kendala–kendala yang dihadapi pondok dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai pengamat partisipan dan di ketahui statusnya oleh subjek atau informan. Data penelitian diperoleh dari para informan yang terdiri dari pimpinan pondok (kyai), pengurus pesantren, para guru (ustadz), dan para santri. Selain itu data penelitian juga diperoleh dari dokumendokumen yang ada di pesantren. Prosedur pengumpulan data di lakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data atau kredibilitas data dengan menggunakan teknik pemeriksaan: perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian meliputi: tahap sebelum kelapangan, tahap sebelum kelapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, tahap penulisan laporan. Hasil Penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Peran pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien Ngunut dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam melalui peran aktif dalam beberapa sektor yaitu pertama: Meningkatkan kualitas tenaga pengajar, kedua: Melengkapi sarana-prasarana, ketiga: mengatur kepengurusan pondok pesantren. 2) Masalah-masalah yang dihadapi pondok pesantren Hidayatul Mubtadiien Ngunut dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam yaitu: belum maksimalnya perpustakaan yang ada, kurangnya sumber pendanaan, kurangnya penegakan kedisiplinan, dan masih banyak santri yg melanggar tata tertib pondok.
ENGLISH:
Boarding school is an institution of Islamic education, In the 70s, Abdurrahman Wahid has popularized the boarding school as a sub-culture of the Indonesian nation. Amid the clatter of advancement of science and technology which is the motor movement of modernization, today many people have doubts about the existence of Islamic educational institutions. As an educational institution, it is emphasized to improve the quality in response to the needs and dynamics of a growing community. Boarding School Hidayatul Sunan Gunung Jati Mubtadiien Tulungagung Brazilians Ngunut one favorite cottage Ngunut region, as for the objectives to be achieved by the researchers is to determine the role of the lodge in improving the quality of Islamic education, and knowing the constraints - constraints faced cottage in improving the quality of Islamic education. This study used a qualitative approach and descriptive research. The presence of the researcher as a participant observer in the field and in the know by subject or informant status. Data were obtained from informants cottage comprising leaders (clerics), boarding school administrators, teachers (religious teacher), and the students. In addition, data obtained from the study also documents that exist at the school. Data collection procedures done through in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data analysis includes data reduction, data display, and conclusion. Checking the validity of the data or the credibility of the data by using the technique of examination: extension of research participation, persistence observation, and triangulation. Stages of the research include: level before space, before the space, the field work, the level of data analysis, report writing stage. The results of this study can be seen that: 1) The role of boarding schools Hidayatul Mubtadiien Ngunut in improving the quality of Islamic education through active participation in the first few sectors, namely: Improving the quality of teachers, second: Completing the infrastructure, third: the management of the boarding school set. 2) The problems faced Hidayatul Mubtadiien Ngunut boarding school in improving the quality of Islamic education that is: not maximal existing library, lack of sources of funding, lack of enforcement of discipline, and still many students who violate the order of the lodge.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pondok Pesantren; Kualitas Pendidikan Islam; Boarding School; Quality of Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 18:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 18:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9000 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |