Afandi, Muhammad (2014) Penerapan metode inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi iman kepada Rasul Allah kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Hayatul Islamiyah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Belajar akan lebih bermakna jika siswa mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dan mencoba menghubungkan antara materi dan konteks yang sesuai dengan situasi nyata lingkungan yang dialami adalah metode inquiry. Metode inquiry merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran berbasis CTL, yang mana siswa dituntut untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang merekamiliki, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Penulis menggunakan metode inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi iman kepada Rasul Allah ini karena materi tersebut sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga metode inquiry ini dirasa dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Berdasarkan uraian tersebut peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan pembelajaran menggunakan metode inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi iman kepada Rasul Allah kelas VIII MTs Al-Hayatul Islamiyah Malang?, mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi iman kepada Rasul Allah siswa kelas VIII MTs Al Hayatul Islamiyah Malang?, dan mendeskripsikan bagaimana proses evaluasi pembelajaran menggunakan metode inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi iman kepada Rasul Allah siswa kelas VIII MTs Al-Hayatul Islamiyah Malang?. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya di lapangan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus memiliki dua pertemuan. Yaitu, siklus I pertemuan I, siklus I pertemuan II, siklus II pertemuan I, dan siklus II pertemuan II. Adapun hasil dari penelitian ini adalah; pada siklus I pertemuan I didapati 15,2% siswa antusias sekali, 72,8% cukup antusias, dan 12,1% kurang antusias, pada siklus I pertemuan II didapati 72,8% siswa antusias sekali, 27,3% siswa cukup antusias, dan 0% siswa kurang antusias, pada siklus II pertemuan I didapati 87,9% siswa antusias sekali, 9% cukup antusias, 0% kurang antusias, dan pada siklus II pertemuan II didapati 97% siswa antusias sekali, 4% siswa cukup antusias, dan 0% kurang antusias. Hasil pretest didapati 84,8% siswa memliki nilai di bawah KKM dan 15,2% siswa yang tuntas, dan dari hasil posttest didapati 93,9% siswa memiliki nilai di atas KKM dan hanya 6,1% siswa yang tidak tuntas.
ENGLISH:
Studying more mean if the student experienced what they leam not just know. One of the lesson methode that is involve active student and try to relate between matter and context that is suitable with enuironment reality is inquiry methode. Inquiry methode is the most important thing from lesson achuity CTL basic, that is demand the student found problem solving from the knowledge what the have, it was do as work for activate the student when theaching learning process. The researchen use inquiry methode from increase the motivation student study the matterial of believe to prophet of Allah. This motter is very nean with our daily activities, so that inquiry methode felt will help theaching learning proces become more effective. From the analyse the researchen want to describe how the lesson planning process use inquiry methode from increase the motivation student study in matterial of believe to prophet of Allah grade VIII Islamic junior high school Al Hayatul Islamiyah Malang? To describe how teaching learning process process use inquiry methode from increase the motivation student study in matterial of believe to prophet of Allah grade VIII Islamic junior high school Al Hayatul Islamiyah Malang? And to describe how lesson evaluation process use inquiry methode from increase the motivation student study in matterial of believe to prophet of Allah grade VIII Islamic junior high school Al Hayatul Islamiyah Malang? This research is class action research with qualitative approach the colection of data, the research use observation methode decomentation and interview. Eventhough for analyse the research use descriptive qualitative analyse, is the write data or speake from people and action that is that is know so that in this situation the researcher do research that is describe the whole about reality. This research have two siclus and every siclus have two meeting. Siclus I metting I, siclus I metting II, siclus II metting I, and siclus II metting II. Concern the result of this research is, in siclus I metting I 15,2% student very antusias, 72,8% antusias enough, and 12,1% antusias less, in siclus I metting II 72,8% student very antusias 27,3% student antusias enough, and 0% student antusias less, in siclus II metting I 87,9% student very antusias 9% antusias enough 0% antusias less, and siclus II metting II 97% student very antusias 4% antusias enough and 0% antusias less. The pretest result 84,8 % student have valve under normality and 15,2% student pass and from posttest result 93,9% get great valve and only 6,1% student is not pass.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Inquiry; Motivasi; Siswa; Inquiry Methode; Motivation; Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 18:46 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 18:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8999 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |