Kafabih, Muhamad Habibi (2014) Penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al- Qur’an pada orang dewasa di Qur’an Training Centre Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Saat ini banyak lembaga bimbingan Al-Qur’an yang menggunakan berbagai metode pembelajaran Al-Qur’an bagi para santrinnya. Namun lembaga bimbingan Al-Qur’an sebagian besar kurang memperhatikan terhadap kualitas bacaan terhadap santrinya. Umunya lembaga tersebut hanya mampu mengantarkan peserta didiknya untuk bisa membaca Al-Qur’an dan kurang memperhatikan terhadap kualitas bacaan. Kebutuhan masyarakat dari kalangan orang dewasa terhadap belajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan kondisi fisik, psikologis dan lingkungan mereka membuat pembelajaran Al-Qur’an memerlukan metode yang tepat agar pembelajaran Al-Qur’an bisa dipelajari dengan mudah dan berkualitas. Dari pernyataan tersebut, jelaslah bahwa lembaga bimbingan AlQur’an yang berorientasi pada kualitas pembelajaran Al-Qur’an pada orang dewasa, sangat dibutuhkan di tengah masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan yang bermutu. Sedangkan di dalam metode Ummi, metode belajar membaca Al-Qur’an disusun agar agar bisa mudah dipahami, menyenangkan, serta memungkinkan setiap orang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui 1) karakterisitik pembelajaran Metode Ummi bagi orang dewasa; 2) penerapan metode Ummi pada orang dewasa; 3) kelebihan dan kelemahan pembelajaran metode Ummi bagi orang dewasa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Di samping menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu: mendiskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah di dapat, sehingga menggambarka realitas yang sebenarnya yang sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Berdasarkan data kualitatif tersebut, maka penulis dapat mengambil kesimpulan: (1) Penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an bagi orang dewasa di Qur’an Training Centre Malang tidak lepas dari karakteristik pembelajaran secara langsung tanpa banyak diurai, materi yang di ulang-ulang, pembelajaran pada buku metode Ummi pada orang dewasa lebih praktis, serta pengajar metode Ummi yang professional, yang telah diseleksi dengan proses tashih dan sertifikasi. (2) Penerapan metode Ummi adalah dengan sistem klasikal baca simak, klasikal baca simak murni dengan diterapkan melalui tujuh tahap pembelajaran. (3) Kelebihan dalam penerapan metode adalah cara belajar yang lebih mengutamakan keaktifan bagi siswanya dan adanya guru yang professional dalam menjalankan kegiatan pembelajaran tersebut melalui kegiatan peningkatan kualitas yang dilaksanakan dua bulan sekali dan juga adanya Quality Control dari menejemen Ummi pusat serta faktor peserta didik dewasa yang mempunyai kesadaran untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Sedangkan faktor kelemahan dalam penerapan metode ini adalah pembelajaran pada peserta didik yang berusia antara 50-60 tahun keatas yanga secara fisik dan kemampuan berfikir menjadi hambatan baginya untuk menerima materi dengan baik. Dan faktor kurangnya media pembelajaran yang berupa alat peraga untuk Ummi Dewasa dan LCD Projektor.
ENGLISH:
Recently, there are many Al-Qur’an coaching institutions that use many Al-Qur’an learning methods for their student. But, mostly the Al-Qur’an coaching institutions are less pay attention to the reading quality of their student. Generally, those institutions only can make their student be able to read Al-Qur’an and less pay attention to their reading quality. People needs from adult area to the AlQur’an learning that suitable with their physical, psychology and environment condition makes the Al-Qur’an learning needs the right method in order to make Al-Qur’an learning can be learned easily with high quality. From that statement, it is clear that Al-Qur’an coaching institution that oriented to the Al-Qur’an learning quality for adult is really needed for people that realize for the importance of high quality education. Whereas, in the Ummi method, learning method to read AlQur’an arranged in order to be understood easily, fun, and also has possibility for everyone to be able to read Al-Qur’an well. The aim that want to be reached in this research as follow: (1) to know the characteristic of Ummi method learning for adult; (2) to know the implementation of Ummi Method for adult; (3) to know the advantage and the weakness of Ummi method learning for adult. Therefore, in this research the researcher uses research method with descriptive qualitative approach. Data collection technique that used in this research is observation, interview, and documentation. Besides that, this research also uses qualitative descriptive analysis, which is describing and interpreting data that been obtained, thus it will describe the truth reality that suitable with what occurred in the real condition. Based the qualitative data, thus the researcher can take the conclusion as follow: (1) the use of Ummi method to Al-Qur’an learning for adult in the Qur’an Training Center cannot be separated from the learning characteristic directly without much explanation, repetition material, learning in the book of Ummi method for adult is more practical, and also the profesional teacher for Ummi method that been selected by tashih process and certification. (2) the implementation of Ummi method conducted by classical system of readinglistening, pure reading-listening classical that implemented through seven learning steps. (3) the advantage of method implementation is the way of learning that more concern to the student activeness and profesional teacher in running the learning activity through quality improvement activity that conducted once in two months and also the existence of Quality Control from Ummi management center and also adult learners that have awareness to learn seriously. Whereas, the weakness in this method implementation is the learning to the learner in the age between 50-60 years old above that physically and think ability become an obstacle for them to receive the material well. And factor of less learning media, which is props for Adult Ummi and LCD projector.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan; Metode Ummi; Pembelajaran Al-Qur’an; Implementation; Ummi Method; Al-Qur’an Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2018 19:04 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2018 19:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8998 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |