Puspita, Cici Adya Islam (2014) Penggunaan media pembelajaran audio visual oleh guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN II Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110183.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam upaya untuk mengoptimalkan menyampaikan pesan pendidika diperlukan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan agama dari pengirim pesan dalam hal ini adalah seorang guru kepada siswanya, agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, minat serta motivasi belajar siswa sehingga terlaksananya proses belajar mengajar khususnya pendidikan agama. Pola hidup manusia dengan kemajuan teknologi mempunyai hubungan erat, pendidikan adalah wadah yang paling menonjol dalam rangka kemajuan itu. Dalam pembelajaran, ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu salah satunya adalah menggunakan media audio visual, karena media audio visual dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih konkrit atau lebih nyata daripada yang dapat disampaikan oleh kata-kata yang diucapkan. Dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pelajaran dapat lebih mudah dan lebih cepat mengerti. Proses pembelajaran sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang materi fiqih”. Mayoritas metode pembelajaran fiqih yang selama ini kurang variatif, tidak menggunakan media audio visual, akibatnya siswa kurang memahami manfaat apa yang telah dipelajari. Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan media audio visual oleh guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN II Malang. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual, Oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN II Malang, bagaimana Peranan Media Pembelajaran Audio Visual Oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN II Malang, yang bertujuan untuk dapat mendeskripsikan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN II Malang, untuk dapat mendeskripsikan Peranan Media Pembelajaran Audio Visual Oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN II Malang Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dari pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: proses penggunaan media audio visual yaitu waktu yang digunakan harus terjadwal, supaya proses belajar mengajar menjadi baik dan efektif. Sebelum menggunakan media audio visual, guru harus mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, kegiatan lanjutan, serta adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pembelajaran, seperti televisi, vidio, komputer, LCD, dan adanya Lab bahasa, sehingga menjadikan siswa lebih tanggap, pintar, cermat, dalam menggunakan teknologi. Adapun yang menjadi hambatan dalam proses penggunaan media ialah kurangnya fasilitas, (minim), dan keterlambatan waktu. Saran yang ditawarkan peneliti tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih adalah harus diadakan pelatihan bagi guru yang belum bisa menggunakan teknologi, sehingga menjadikan guru yang berkualitas dan perlu ditambahkan sarana prasarana. Untuk itu lembaga pendidikan diharapkan memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.
ENGLSIH:
In an effort to convey the message of education necessary to optimize learning media . Instructional media is something that can be used to deliver a message of religious education of the message sender in this case is a teacher to the students , in order to stimulate thoughts , feelings , attention , interest and motivation to study so that the implementation of the learning process , especially religious education . The pattern of human life by technology advances have strong relationships, education is the most prominent container in order to advance it. In learning , there are some media that can be used is one of them is the use of audio -visual media, because the audio-visual media to convey meaning or information in a more concrete or more real than can be conveyed by the spoken word . By looking at the same hearing, the person receiving the lesson can be easier and faster to understand . The learning process is limited to the process of delivering " knowledge of fiqh material " . The majority of jurisprudence learning methods that have been less varied , not using audio-visual media , as a result students do not understand the benefits of what they have learned . This study describes the use of audio-visual media by subject teachers of jurisprudence in increasing students' motivation in MAN II Malang. With the formulation of the problem that researchers use is how use of Audio Visual Learning Media, By Subject Teacher Fiqh In Improving Student Motivation in MAN II Malang, how the role of Instructional Media Audio Visual By Subject Teacher Fiqh In Improving Student Motivation in MAN II Malang, which aims to describe the use of Audio Visual Media Lessons By Subject Teacher Fiqh in Improving Student Motivation in MAN II Malang, to be able to describe the role of Instructional Media Audio Visual By Subject Teacher Fiqh in Improving Student Motivation in MAN II Malang. This study includes a descriptive qualitative research, namely data collection is done by using the method of observation, interviews, and documentation. Analyze data using descriptive qualitative analysis, the form data is written or from interviews of the parties involved. Research results are as follows: the use of audio-visual media which used to be a scheduled time, so that the process of learning to be good and effective. Before using audio-visual media, the teacher must have a preparatory step, implementation, follow-up activities, as well as the infrastructure that supports learning, such as television, vidio, computer, LCD, and the absence of language labs, making students more responsive, intelligent, careful, in using technology. As for the obstacles in the process of media use is the lack of facilities, (minimal), and delay time. Researchers offered suggestions about the use of audio-visual media in increasing motivation to learn the subject of jurisprudence is to be held for the training of teachers who have not been able to use the technology, making quality teachers and infrastructure need to be added. For that educational institutions are expected to facilitate the needs of teachers and students in teaching and learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; Motivasi Belajar; Mata Pelajaran Fiqih; Audio Visual Media; Motivation; Fiqh Subjects | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 18:46 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 18:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8997 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |