Purwanto, Totok (2014) Penggunaan metode Peta Pikiran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas VII SMP Islam Pronojiwo Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110177.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa. Siswa diberi lebih banyak kesempatan bekerja dalam pembelajaran. Seperti pelajaran Fiqh, khususnya di SMP I/MTs harus memeberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif. Siswa diberi kesempatan untuk menggali dan menyampaikan pengetahuannya sendiri dengan harapan agar mampu menerapkannya dalam kehidupan. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan dan ide-ide terhadap sebuah permasalahan yang didengar, dilihat maupun dirasakan. Tugas guru hanya memfasilitasi dan mengarahkan dengan memberikan koreksi maupun penguatan. SMP I / MTs sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan mewujudkan generasi islam yang unggul prestasinya juga senantiasa berusaha untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas dalam setiap pembelajarannya. Dalam setiap pembelajaran, siswa diharapkan dapat menguasai materi yang diberikan dengan harapan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pengetahuan tersebut siswa menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatannya berinteraksi dengan sesama maupun lingkungannya. Berdasarkan uraian di atas, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan metode peta pikiran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa kelas VII SMP Islam Pronojiwo Lumajang. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dalam penggunaan metode peta pikiran pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII SMP Islam Pronojiwo. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode peta pikiran untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih Kelas VII SMP Islam Pronojiwo. Mendeskripsikan hasil pembelajaran setelah menggunakan metode peta pikiran pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII SMP Islam Pronojiwo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, desain penelitian yang digunakan oleh peneliti ini guna mengetahui ke efektifan metode peta pikiran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan secara mandiri oleh peneliti, sehingga peneliti berperan penuh terhadap perencanaan ataupun pelaksana penelitian ini. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari dua siklus yang diterapkan, disimpulkan bahwa penggunaan media peta pikiran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil peningkatan belajar siswa dapat dilihat dari data di lapangan, yang menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dari rata-rata kelas yang pada pre test hanya 64,4 meningkat menjadi 72,2. Bentuk dari peningkatan hasil prestasi belajar siswa yaitu, berusaha untuk belajar dengan menggunakan metode peta pikiran, memodifikasi kegiatan belajar siswa dengan cara mengorganisir siswa untuk bertanggung jawab dalam penugasan oleh guru, memotivasi siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, serta menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan kepada pihak-pihak instansi terkait di lingkungan lembaga pendidikan formal terutama kepada guru mata pelajaran Fiqih, untuk menggunakan media peta pikiran dan di kombinasikan dengan metode lain agar dapat menarik minat siswa untuk belajar, guna meningkatkan prestasi belajar
ABSTRACT
Good teaching is a demanding learning activity of students. Students are given more opportunities to work in learning. Like the Fiqh lessons, especially inIslamic junior high school / MTs should be giving out the opportunity for students to be active. Students are given the opportunity to explore and express their own knowledge with the hope to be able to apply them in real life. Students are given the opportunity to submit comments and ideas on an issue that is heard, seen or felt. The task of the teacher only facilitates and directs the correction or provide reinforcement. Islamic junior high school / MTs as one of the educational institutions that are intended to make Islamic superior performance generation is also constantly strive to provide a quality learning in every lesson. In each lesson, students are expected to master the material provided with the hope can be useful in everyday life. With the knowledge of students becomes much easier to carry out its activities interact with each other and their environment. Based on the above, the focus of the problem taken in this study is How to Use a mind map method to improve the learning result subjects Fiqh Islamic junior high school students of class VII Pronojiwo Lumajang. The purpose of this study is to describe the use of instructional planning methods mind maps on the subjects of Fiqh Class VII Islamic junior high school Pronojiwo. Describe the implementation of learning using mind maps methods to improve learning outcomes subjects Fiqh Class VII Islamic junior high school Pronojiwo. Describe the learning outcomes after using mind maps on the subject of Fiqh Class VII Islamic junior high school Pronojiwo. This study used classroom action research design in this study, the research design used was Classroom Action Research or PTK conducted by researchers to determine the effectiveness of the mind map method in improving student learning outcomes. This research was carried out independently by the researcher, so that researchers play a full role in planning or executing the study. The Authors collected data using the methods of observation, interview and documentation. While the analysis of the data used in this study is the analysis of quantitative data and qualitative data analysis. From the two cycles are applied, it was concluded that the use of media mind map shown to improve learning outcomes. The resulting increase in student learning can be seen from the data in the fact, which showed an increase in student achievement, class average on the pre-test only 64.4 increased to 72.2. The manifestation the yield increase student achievement is trying to learn by using mind maps method, modify students' learning activities by organizing students to be commitment with the task by the teacher, motivate students in the implementation of the learning process, as well as creating a fun learning process. From the results of this study, researchers gave some suggestions for consideration to the parties related institutions in the formal educational institutions, especially the Fiqh subject teachers, to use the mind maps method and combine it with other methods to attract students to study, to improve learning achievement
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peta Pikiran; Hasil Belajar; Mind Map; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 18:46 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 15:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8996 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |