Maheru, Hufron (2014) Strategi guru Al-Qur’an-Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110175.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an-Hadis merupakan pelajaran agama yang paling penting untuk senantiasa dipelajari dan diamalkan sebagai pedoman hidup umat manusia. Sudah semestinya Al-Qur’an dan Hadis dijadikan sebagai sumber ilmu dan pedoman hidup umat manusia dalam menjalani kehidupannya. Tantangan yang dihadapi seorang guru Al-Qur’an-Hadis sangat bervariasi, meliputi: pertama, siswa cenderung cepat bosan mendengarkan uraian materi pembelajaran Al-Qur’an-Hadis yang monoton dan tidak menyenangkan. Kedua, seringkali dilingkungan luar madrasah tidak terlihat dengan adanya pengaruh dari ajaran Al-Qur’an-Hadis, seperti lingkungan yang kurang bersih, kenakalan remaja dan penyimpangan norma-norma agama. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi guru Al-Qur’an-Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Al-Qur’an-Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru Al-Qur’an-Hadis, dan beberapa siswa kelas VII Al-Qur’an-Hadis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis, lalu dilakukan pengecekan keabsahan data. Peneliti melakukan pengecekan dengan membandingkan data yang diperoleh dari informan yang berbeda, disamping itu peneliti juga melakukan keabsahan data dengan triangulasi dan menggunakan bahan refrensi. Dengan demikian dapat diperoleh data valid. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah termotivasinya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an-Hadis di dalam kelas dengan strategi-strategi yang telah digunakan oleh guru Al-Qur’an-Hadis. Adapun strategi yang digunakan antara lain: strategi tutorial, menghafal, selain menggunakan kedua strategi tersebut guru Al-Qur’anHadis juga menggunakan metode tanya jawab dan menggunakan mulitimedia untuk mendukung proses pemahaman siswa. Termotivasinya siswa dalam pembelajaran Al-Qur’anHadis bisa dilihat dari semangat dalam menghafal Al-Qur’an-Hadis, fokus memperhatikan pelajaran, tanggap menerima tugas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai strategi guru Al-Qur’an-Hadis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
ABSTRACT
Al-Quran-Hadith is the most important religious lessons to be learned and practicedcontinuously as a guide to mankind alive.It stands to Al-Qur’an and Hadith serve as a source of knowledge and guidance in living human beings live activity.Challenges faced by a teacher of the Qur'an-hadith highly variable, include: first, students tend to get bored listening to the description of learning materials of Qur'an-Hadith being monotonous and unpleasant. Second, environment often in outside of madrasah not visible of the influence of the teachings of the Holy Qur'an, Hadith, such as a less clean environment, juvenile delinquency and the deviation of religious norms. The issues to be addressed in this study was: How teacher strategies of Qur'anHadithin increasing students' motivation in the junior class VII of Wahid Hasyim 02 Dau Malang.The purpose of this study was to determine the strategies used by the teacher of the Qur'an-hadith to increasing students' motivation in the junior class VII of Wahid Hasyim 02 Dau Malang. The approach used in this study is descriptive qualitative approach. While the principal source of data is, waka curriculum, teacher of Qur'an-Hadith, and some students of class VIIof MTs Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Collection of data techniques in this study is through observation, interview and documentation.While the raw data collected, analyzed, and then checking the validity of the data. Researchers checked by comparing data obtained from different informants, besides researchers also perform triangulation and validity of the data by using the references materials. Thus the data obtained can be valid. The results obtained from this study is motivated to follow the activities of students in learning of Quran-Hadith in the classroom with strategies that have been used by teachers of the Qur'an-hadith. The strategies used include: tutorial strategies, memorization, in addition to the strategies teachers use the Quran-Hadith also use the question and answer method and use mulitimedia to support student understanding. Motivated students in learning the QuranHadith of the spirit can be seen in memorizing the Quran-Hadith, the focus of attention to the lesson, responsive accept assignment. Based on these results, it can be suggested that further research on the strategies teachers of Qur'an-Hadith to increase student motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru Al-Qur’an-Hadis; Motivasi Belajar Siswa; TeacherStrategie OfAl-Qur’an-Hadith; Students Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 18:47 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 15:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8994 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |