Khoiri, Bustakul (2014) Strategi guru mata pelajaran fiqih dalam menanamkan kebiasaan beribadah siswa di MAN Malang 2 Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110170.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ditinjau dari segi permasalahan yang dihadapi oleh para pelajar, salah satunya ditimbulkan karena tidak memiliki bekal yang memadai untuk membentengi dirinya dari berbagai pengaruh negatif akibat globalisasi. Banyak pelajar yang terlibat dalam perbuatan kurang terpuji, penyebab utamanya kekurangan bekal pendidikan agama. Masa pelajar merupakan masa yang bisa mengembangkan diri, baik kearah positif maupun negatif. Oleh karena itu intervensi edukatif dalam bentuk pendidikan, bimbingan, maupun pendampingan sangat diperlukan, untuk mengarahkan perkembangan potensi pelajar tersebut agar berkembang kearah yang positif dan produktif. Berangkat dari hal tersebut maka skripsi ini mengkaji tentang “Strategi guru mata pelajaran fiqih dalam menanamkan kebiasaan beribadah siswa (studi kasus di MAN Malang 2 Kota Batu)”. Penelitian yang penulis gunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MAN Malang 2 Kota Batu. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan menghasilkan suatu kesimpulan: Pertama, pelaksanaan kegiatan: 1) Kegiatan harian yang berbentuk: a. Membaca al-qur’an. b. Shalat dhuhah. c. Jamaah shalat dzuhur. 2) Kegiatan mingguan yang berbentuk jamaah shalat jum’at. 3) Kegiatan tahunan yang berbentuk: a. Pondok ramadlan. b. Zakat fitrah. c. Idul adhah (penyembelian hewan qurban). d. Safari infak. Kedua, Strategi guru mata pelajaran fiqih: 1) Strategi praktik, dilaksanakan baik di dalam atau di luar jam pelajaran. 2) Strategi mengingatkan. 3) Strategi mengajak. Ketiga, faktor pendukung bagi guru: 1) Lingkungan madrasah yang religious. 2) kepedulian dari sebagian guru terhadap siswa. 3) sarana dan prasarana yang cukup. Faktor penghambat bagi guru: 1) kurang seimbangnya antara guru dan siswa, maksudnya hanya sebagian guru yang membantu dalam kegiatan. 2) kurang kesadaran dari diri siswa. Keempat, 1) Dampak dalam segi psikologi. 2) dampak dalam segi sosial. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan kepada guru agar menerapkan strategi yang lain, agar bisa mendukung strategi yang sudah di terapkan, untuk lebih memotivasi kegiatan beribadah siswa. Selain itu, dalam menanamkan kebiasaan beribadah siswa di MAN Malang 2 Kota Batu agar dapat terwujud dengan baik, maka kunci dari semuanya adalah kemauan dan kemampuan seluruh guru yang ada di MAN.
ENGLISH:
A lot of problems faced by students, one of them occurred because of they do not have adequate provisions to shield themselves from a variety of negative effects of globalization. Many students are involved in misdemeanor commendable, the main cause is the lack of provision of religious education. Age of student is a time for people to develop themselves, boht in positive and negative ways. Therefore, educational interventions in the form of education, guidance, and assistance is necessary, to direct the development of student potential in order to grow towards a positive and productive. Based on these conditions, this paper examines the "Strategy of islamic jurisprudence teachers in instilling the habit of worshiping students (case study MAN Malang 2 Kota Batu)" Research that used by the author is qualitative research, the techniques of collecting data include: observation, interviews, documentation. With this method researcher expext to obtain concrete data and in accordance with the needs of the research conducted in MAN Malang 2 Kota Batu. Once the data is collected and then it analyzed through descriptive qualitative method. From the research that has been done, resulting in a conclusion: First, the implementation of activities: 1) the daily activities in the form of: a. Reading the Qur'an. b. Prayer dhuhah. c. Midday congregational prayers. 2) weekly activity, in the form of Friday congregational prayers. 3) an annual event, the form of: a. Ramadan cottage. b. Tithes. c. Eid al adhah (sacrificial slaughter). d. Safari infak. Secondly, strategies of teachers of jurisprudence: 1) Practicing Strategy, carried out either inside or outside of school hours. 2) Warning Strategy. 3) Inviting Strategies. Thirdly, a supporting factor for teachers: 1) religious environment. 2) The concern of the majority of teachers to students. 3) Sufficient facilities and infrastructure. Factors that become an obstacle for teachers: 1) less imbalance between teachers and students, that only some teachers who assist in activities. 2) Lack of awareness of the students. Fourth, 1) impact in terms of psychology. 2) impact In terms of social. From the results of this study, researchers gave some suggestions for consideration to the teacher in order to implement other strategies that will support the strategy that has been applied, because it will motivate religious activities of students. Moreover, in creating worship habits of students at MAN Malang 2 Kota Batu it will depend on the willingness and ability of all teachers in the school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru mata pelajaran fiqih; kebiasaan beribadah siswa; teacher of islamic jurisprudence; worship habit of student | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2018 18:47 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2018 18:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8988 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |