Hubungan antara sikap siswa terhadap fullday school dengan motivasi belajar siswa MTs Surya Buana

Munawaroh, Mufidatul (2007) Hubungan antara sikap siswa terhadap fullday school dengan motivasi belajar siswa MTs Surya Buana. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03410044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (779kB)

Abstract

Sikap siswa terhadap fullday school adalah kecenderungan siswa berespons baik secara positif maupun negative terhadap fullday school yang mencakup tiga komponen penting yaitu kognitif, afektif, dan konasi. Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan yang menghasilkan perubahan tingkah laku dan pengalaman.

Sikap siswa terhadap fullday school dan motivasi belajar merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kualitas belajar siswa MTs Surya Buana Malang. Untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap fullday school dengan motivasi belajar siswa MTs Surya Buana Malang, dilakukan melalui jalan researct pada siswa MTs Surya Buana Malang.

Penulisan ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui sikap siswa MTs Surya Buana Malang terhadap fullday school, (2) Mengetahui motivasi belajar siswa MTs Surya Buana Malang, dan (3) Mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap fullday school dengan motivasi belajar siswa MTs Surya Buana Malang. Variabel-variabel penelitian yang diperhatikan adalah: (1) variabel bebas yaitu sikap siswa terhadap fullday school, (2) variabel terikat yaitu motivasi belajar.

Hasil dari analisa data tersebut dan setelah dikorelasikan ternyata dapat diketahui bahwa diperoleh rxy sebesar 0,410 pada taraf signifikan 5% dengan sampel sebanyak 82 responden. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan ( rhitung = 0,410> rtabel = 0,213) antara sikap siswa terhadap fullday school dengan motivasi belajar siswa MTs Surya Buana dengan proporsi ralat sebesar 0,000.

Berdasar hasil penelitian ini, penulis menyarankan beberapa hal: (1) Hendaknya guru lebih memperhatikan sikap siswa dalam memahami situasi dan kondisi yang ada dilingkungannya, dan membantu siswa agar bisa mewujudkan cita-cita dan bisa memotivasi siswa agar belajar lebih giat. (2) Siswa hendaknya tidak mudah terbawa arus pergaulan bebas. Karena itu siswa harus mempunyai sikap yang positif terhadap fullday school, sehingga dalam menentukan arah sikapnya tidak mengalami hambatan dan akhirnya terbentuklah pribadi yang realistik. Siswa juga harus lebih memotivasi diri dalam belajar. (3) Orang tua disarankan untuk bersikap positif dan tegas dalam mendidik anak-anaknya yaitu.(4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hidayah, Rifa
Keywords: Sikap Siswa; Fullday School; Motivasi Belajar
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:32
Last Modified: 12 Jan 2018 09:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8930

Actions (login required)

View Item View Item