Penilaian kinerja Guru TK Plus Al-Kautsar Malang

Ernawati, Ernawati (2007) Penilaian kinerja Guru TK Plus Al-Kautsar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03410039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (680kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penilaian kinerja mempunyai peranan penting bagi setiap organisasi. Ini dikarenakan penilaian kinerja mempunyai manfaat dan tujuan sebagai alat evaluasi, motivasi serta pengembangannya bagi pegawai. Akan tetapi sayangnya penilaian kinerja juga dapat menjadi sumber kesulitan dan frustasi pada manajer dan karyawan. Hal ini sering disebabkan oleh ketidak pastian dan ambiguitas diseputar penilaian kinerja itu sendiri.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penilaian kinerja TK Guru Plus Al-Kautsar Malang, permasaahan–permasalahan apa yang terjadi dan faktor–faktor apa yang mempengaruhi penilaian kinerja guru di sana.

Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan doukmenter. Subjek penelitian berjumlah empat orang yaitu Kepala sekolah TK Plus Al-Kautsar,Guru TK Plus Al-Kautsar yang terdiri dari tiga orang yaitu Wakil Kepala Sekolah, koordinator kelas, dan guru kelas. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan teknis analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: a) penilai penilaian kinerja guru TK Plus Al-Kautsar Malang dilakukan oleh Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, Wakil Kesiswaan, koordinator kelas, rekan kerja dan dirinya sendiri. Unsur-unsur penilaiannya adalah penilaian guru yang meliputi kepribadian, kedua yang tercantum dalam penilaian supervisi yang meliputi tugasnya sebagai guru diantaranya pembuatan SKM, SKH, dan Lapri. Dan untuk unsur-unsur penilain diri sendiri meliputi kepribadian serta tugasnya sebagai guru. Tujuan dan manfaat penilaian kinerja ini adalah sebagai alat evaluasi, kemungkinan untuk pengembangan pegawai, dan sebagai alat untuk pengambilan keputusan manajemen. Tetapi penilailaian ini tidak memberikan motivasi para guru secara keseluruhan. Ini dikarenakan setiap guru mempunyai motivasi yang berbeda– beda. Waktu penialaninya dilakukan secara insidentil atau tiadak kontinyu. Untuk tempat penilaiannya dilakukan di dua tempat yaitu di dalam kelas dan di luar kelas. Metode peilaian kinerja yang digunakan adalah metode rating scale dengan model grafik. b) Hambatan tidak terjati pada penilai, ini dikarenakan penilai dapat membangun komunikasi yang baik dengan guru, selain itu penilai mempunyai sifat optimisme serta kesadaran diri sebagai penilai, akan tetapi letak permasalahannya justru pada metode penilaiannya yang masih bersifat ambigu. c) faktor–faktor yang mempengaruhi penilaian adalah individu itu sendiri.

ENGLISH:

Performance Apprasial has competent for every organization. Because Performance Apprasial has usefulness and purpose become evaluation, motivation, and development for the employe. But performance apprasial also can be difficult center and frustation to manager and employe. That is often reasion with uncertainly and ambiguitas around performance apprasial.

According to writing ebove, so the purpose of observation is for knowing how to performance apprasial of TK’s teacher in TK Plus Al-Kautsar Malang. Many problem have done and factors that performance apprasial the teacher there.

The reseach use descriptive qualitatife method. While, the data’s collection uses observation, interview, and documentation. The data colected are analyzed by using the tehnique of descriptive analysis. It has 4 person as the subject of reseach.

The result of the reseach shows that performance apprasial of the TK Plus Al-Kautsar Malang is done by 6 persons. The elements of apprasial in clude supervision apprasial thought ( honesty, responsibility, insiative, SKH, SKM), supervision’s apprasial ( the arrangement of SKM, SKH, the way of teaching, and LAPRI), self apprasial ( loyality, honesty, personality). The time of apprasial is insidential. The resech’s location is inside and out side of the class. The reseach’s goal is to evaluate the performance development and taking decision of manajement. It use rating scale. The problem is unappropite way methode of giving value, in the fact, the important of assessment is the object it self.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hidayah, Rifa
Keywords: Penialaian; Kinerja; Guru Tk Plus Al-Kautsar; Performance; Apprasial; teacher TK Plus AL-Kautsar
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:32
Last Modified: 12 Jan 2018 09:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item