Hubungan kepuasan kerja dengan motivasi kerja karyawan: Studi di PT PLN (Persero) distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang

Nency, Yeyen Fera Nike (2007) Hubungan kepuasan kerja dengan motivasi kerja karyawan: Studi di PT PLN (Persero) distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03410034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (673kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pada perusahaan, untuk dapat menciptakan kelancaran dan dapat menghasilkan motivasi kerja yang baik, maka diperlukan adanya peningkatan kepuasan kerja terhadap karyawannya. Menurut Raymond B. Cattel misalnya, bahwa motivasi berkaitan erat dengan pencapaian atau pemuasan tujuan (sintality) karyawan dalam perusahaan. Tiffin menambahkan bahwa kepuasan kerja berhubungan erat dengan sikap karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pimpinan dengan sesama karyawan. Konsep ini berusaha diterapkan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang, yang berusaha menciptakan kepuasan kerja karyawannya dengan cara memberikan kesempatan untuk maju, keamanan kerja, gaji, perusahaan dan manajemen yang baik, pengawasan (supervisi), kondisi kerja, komunikasi dan fasilitas. Lantas bagaimanakah realitas tingkat kepuasan kerja, tingkat motivasi kerja karyawannya sampai hubungan diantara keduanya.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif, dengan pendekatan croos sectional study yang bertujuan menjelaskan hubungan atau mengungkap korelatif antar variabel. Proses pengambilan data dilakukan Agustus sampai September 2007, dengan metode Kuesioner (angket)tertutup dan uji hipotesis model Karl Pearson.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diambil kesimpulan, bahwa: (1) Tingkat kepuasan kerja karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang: Dari hasil uji validitas dan standar pembagian klasifikasi angket kepuasan kerja karyawan, diperoleh 10 orang (20%) berada pada level kepuasan kerja tinggi, 31 orang (62%) pada level kepuasan kerja sedang dan 9 orang (18%) berada pada level pengalaman kepuasan kerja rendah. Artinya, pada realitas ini tingkat kepuasan karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang secara umum, berada pada dominasi karyawan yang merasa atau mendapatkan tingkat kepuasan kerja sedang-sedang saja selama bekerja; (2) Tingkat motivasi kerja karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang: Dengan memakai alat ukur yang sama, berdasarkan standar pembagian klasifikasi angket kepuasan kerja karyawan, diperoleh 8 orang (16%) berada pada level motivasi kerja dengan kategori tinggi, 33 orang (66%) mempunyai motivasi kerja kategori sedang dan 9 orang (18%) mempunyai motivasi kerja rendah. Artinya, pada realitas ini tingkat motivasi karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang secara umum juga sama, berada pada dominasi karyawan yang memiliki tingkat motivasi kerja standar atau sedang-sedang saja; (c) Hubungan kepuasan kerja dengan motivasi kerja karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang: Berdasarkan hasil uji korelasi kepuasan kerja dengan motivasi kerja karyawan, didapatkan nilai rhitung sebesar 0,964 dan nilai rtabel 0,361, dengan signifikansi hitung 0,000 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan terdapat korelasi atau hubungan positif antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Artinya, jika karyawan memiliki nilai kepuasan kerja tinggijuga diikuti dengan semangat motivasi kerja yang tinggi pula, atau ketika karyawan merasakan tingkat kepuasan sedang, maka juga diikuti dengan tingkat motivasi kerja yang sedang dan seterusnya. Akhirnya, hasil penelitian ini bisa jadikan tambahan informasi atau pengetahuan (stock of knowledge), sekaligus bisa dijadikan dasar dalam merumuskan berbagai tindakan atau perlakuan terhadap pemberdayaan karyawan dalam perusahaan.

ENGLISH:

At a firm, to create fast and to create good work motivation, it needed to increase work satisfaction to their employee. Raymon B. Cattell says that motivation related with achievement and aim satisfaction (sintality) the employee at the firm. Tiffin says that work satisfaction related to employee attitude to their work, work situation, and cooperation between leader and the employee. This concept will be implemented at PT PLN (Persero) East Java Distribution for Malang Network and Service area, to create employee work satisfaction by giving the chance to develop, work safety, wage, good facility and management, supervision work condition, communication and facility. And then at reality, how the work satisfaction of the employee and relation of both.

The research type used in this research is correlative descriptive method using cross sectional study approach to explain correlation between variable. The data collection be done at August until September 2007, using closed questionnaire and tested by Karl Pearson model.

Based the research result it could be concluded that : (1) level of employee work satisfaction at PT PLN (Persero) East Java Distribution for Malang Network and Service area: from validity test and questionnaire classification of employee work satisfaction, the result 10 people (20%) stay at high level satisfaction, 31 people (62%) at medium satisfaction level and only 9 (38%) at low satisfaction level. It mean, at reality the satisfaction level of PT PLN (Persero) East Java Distribution for Malang Network and Service area stay at medium level when they work; (2) Employee work motivation level of PT PLN (Persero) East Java Distribution for Malang Network and Service area : using same measurement tool, based on work satisfaction questionnaire classification, the result show 8 people (16%) stay at high level satisfaction, 33 people (66%) at medium satisfaction level and only 9 (18%) at low satisfaction level. It mean, at reality the satisfaction level of PT PLN (Persero) East Java Distribution for Malang Network and Service area stay at medium level when they work; (3) the relation between work satisfaction and employee work motivation at PT PLN (Persero) East Java Distribution for Malang Network and Service area : based on correlation test of work satisfaction and employee work satisfaction, the result show rhitung is 0,964 and rtabel is 0,361, with level significance o0,000 < 0,05. It concluded that the correlation or positive relation between work satisfaction and employee work satisfaction pf PT PLN (Persero) East Java Distribution for Malang Network and Service. It mean, if the employee have high level work satisfaction also followed by with work motivation at high level too, or when the employee feels medium level satisfaction, it also followed by medium level motivation. At last, this research result could become additional information or knowledge (stock of knowledge), and also become basis in formulating some measure or treatment to empower employee in the firm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kurniawati, Endah
Keywords: Kepuasan; Motivasi; Kerja; Satisfaction; Motivation; Work
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:29
Last Modified: 12 Jan 2018 09:29
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item