Dewi, Kartika Sari Rukmana (2014) Internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler badan dakwah Islam dalam peningkatan kepribadian muslim pada siswa di SMKN 11 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan Saya tentang remaja saat ini, Banyaknya para remaja yang semakin enggan melakukan perintah agama menjadikan orang tua semakin resah, anak disekolahkan dengan tujuan mendapat bimbingan terbaik tapi tidak jarang ditemui output yang tidak sesuai harapan. Sebelum mengenal bangku sekolah SMA/MA belum pernah seorang remaja mengenal rokok, narkoba dan barang-barang beracun lainnya, tapi setelah masuk sekolah SMA mereka mulai mengenal rokok, narkoba dan barang beracun lainnya karena mendapat pola bimbingan yang salah dari teman-temannya. Pendidikan akidah dan akhlak yang seharusnya ditanamkan dalam keluarga belum berjalan optimal. sudah jelas sekali bahwa untuk meningkatkan keberhasilan Pendidikan Agama tidaklah mudah, akan tetapi perlu sekali adanya kerjasama dari berbagai pihak. Apalagi pendidikan agama di sekolah henya memiliki alokasi waktu 4 jam pelajaran dalam sepekan. Oleh karena itu untuk mengatasi problematika di atas, maka diperlukan sekali sebuah usaha yang berupa penambahan jam kegiatan keagamaan (ekstrakurikuler), yakni Badan Dakwah Islam guna meningkatkan keberhasilan Pendidikan Agama Islam dan mencapai tujuan yang diharapkan dari Pendidikan Agama. Oleh karena itu dalam penelitian ini saya mencoba untuk mengetahui lebih jauh tentang ekstrakulikuler Badan Dakwah Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam bagi pelajar, pemuda muslim khususnya dalam peningkatan kepribadian muslim dan seberapa jauh pihak sekolah merespon dan memberikan dukungan dalam kegiatan di dalamnya, serta Apa saja faktor pendukung dan kendalanya dalam melakukan pembinaan para remaja muslim terhadap Siswa di SMKN 00 Malang, maka peneliti melakukan penelitian ini Dari hasil penelitian di atas diketahui bahwa Proses Pembinaan internalisasi nilai-nilai islam yang dilakukan Badan dakwah Islam yaitu menyentuh semua aspek yang ada dalam diri manusia dengan pendidikan secara seimbang dan berkesinambungan yakni tarbiyah ruhiyah, tarbiyah fikriyah dan tarbiyah amaliyah. Yang dalam prosesnya sangat memperhatikan perkembangan potensi secara optimal, baik dari segi ruhiyah(spiritual), fikriyah(intelektual), khuluqiyah (moral), jasadiyah(fisik), dan amaliyah (operasional). walaupun masih ditemukannya trouble eror di dalamnya dalam penanganan beberapa siswa. Implikasi dari adanya badan dakwah islam sedikit banyak telah dirasakan oleh seluruh anggota Badan Dakwah Islam pada khususnya dan seluruh civitas akademika SMKN II Malang pada umumnya. Sedangkan faktor pendukung internalisasi nilai-nilai Islam terhadap anak didik ialah dukungan dari seluruh civitas akademik, walaupun tidak semuanya mendukung tapi setidaknya pihak yang tidak mendukung tidak memberikan sikap frontal yang dapat merugikan pihak Badan Dakwah Islam itu sendiri. Dukungan geografis juga memberi pengaruh positif dalam proses pembinaan nilai akidah dan akhlak siswa. mengingat letak sekolah yang jauh dari keramain dan pusat perbelanjaan dan lingkungan yang ramah membuat mereka bisa konsen menuntut ilmu agama dengan baik. Dan faktor penghambatnya ialah jauhnya mentor dari sekolah membuat mereka seringkali telat dan itu tidak berimplikasi baik terhadap siswa dalam penginternalisasian nilai-nilai disiplin, pihak sekolah sulit memberi ijin jika ada acara di luar sekolah. misal pelatihan atau seminar keilmuan tentang Islam atau lomba nasyid agak sulit sekolah memberi ijin dan memfasilitasi dan kurangnya SDM mentor juga seringkali menghambat karena para alumni yang tidak tetap dan masih sekolah/ kuliah atau bekerja di luar daerah. Kurangnya dukungan, partisipasi dan kerja sama yang baik antara Badan Dakwah Islam dengan kelurga Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, pembinaan keislaman dalam penginternalisasian nilai-nilai Islam di SMKN 00 Malang masih harus terus menerus diperbaiki sistem pelaksanaanya.
ENGLISH:
Nowadays, many parents worry about their children because the children dislike to do their Islamic obligation. The parents send their children to school to get the best education but the output is nothing. Before in the senior high school, the children unknown about nicotine, marijuana etc but after know the school, they know about the things because of their community in the school. Aqeedah and akhlaq which is given to them is not optimal. It is clearly that to improve Islamic education is not easy, it needs a cooperation from many people, that are family and school. Islamic subject is given 4 hours a week is not enough it so needed adding subjects especially extracurricular like Islamic preaching council (BDI) to get the goal according to islam. The goal of this research is to explain how the process of internalization, implication, inhibiting and supporting factors of Islamic preaching council (BDI) to improve good characterization of SMKN 00’s students of Malang. This research uses descriptive qualitative approach and the subjects are students, BDI’s committee and ex of BDI’s committee. This data are collected by observation, interview, documentation, continuing observation and many references. After the data is collected the next step is analyzing the data. In this case, the writer uses descriptive analysis which looks the result and conclusion which is used. This research shows that : 0) internalization of Islamic values aim to touch deep insight of human being like tarbiyah, ruhiyah and jasadiyah but in the process is not complete and perfect. 4) the implication of BDI give a good impact for all students and committee of BDI. 3) supporting factors of the internalization are the support from all people in the school, sufficient funds, sufficient tentor and strategic location that far away from department store, moreover, inhibiting factors are long distance from school to tentor’s home, less cooperation of the two aspects (family and school), the difficulties of permission to make a activities outside.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | internalisasi; Badan Dakwah Islam; Pribadi Muslim; Islamic values; Islamic preaching council; muslim characterization | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8912 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |