Dewi, Fitrya Kusuma (2014) Pembelajaran berbasis multimedia autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII F di SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran berbasis multimedia autoplay didasarkan pada kenyataan yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Fiqih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena siswa terlalu mengganggap remeh mata pelajaran tersebut. Selain itu guru juga hanya menggunakan pembelajaran konvesional yang berupa ceramah, sehingga menyebabkan kejenuhan pada siswa saat pembelajaran berlangsung. Dengan pembelajaran berbasis multimedia autoplay dapat memberikan warna baru pada ruang kelas dan meningkatkan semangat yang ada pada diri setiap individu, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang akan dirumuskan yaitu: (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII F SMP Islam Al-ma’arif 01 Singosari Malang? (2) Apakah pembelajaran berbasis multimedia autoplay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII F SMP Islam Al-ma’arif 01 Singosari Malang?. Adapun tujuannya adalah: (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII F SMP Islam Al-ma’arif 01 Singosari Malang. (2) untuk mengetahui hasil evaluasi dari penerapan pembelajaran berbasis multimedia autoplay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII F SMP Islam Al-ma’arif 01 Singosari Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-ma’arif 01 Singosari Malang, dengan objek penelitian siswa kelas VIII F. Untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ada, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia autoplay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII F di SMP Islam Al-ma’arif 01 Singosari. Hal itu dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai. Pada pre-test dengan rata-rata nilai 62, siklus I dengan rata-rata nilai 74 dan siklus II dengan rata-rata nilai 84. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan kepada guru agar menerapkan pembelajaran berbasis multimedia autoplay guna meningkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Autoplay multimedia-based learning is based on the fact which shows that student learning outcomes against Fiqh subjects is low. This is because students assume that the subjects underestimated. In addition, teachers just use conventional learning in the form of lectures too, thus causing saturation in students when learning takes place. By using autoplay multimedia-based learning which able to provide a new color to the classroom and promote the spirit for each individual, in order to obtain maximum results. Went from the above problems, the general issues formulated, they are: (1) How does the process of implementation of autoplay multimedia-based learning in improving student learning fiqh subject outcomes in VIII F class SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang? (2) Does the autoplay multimedia-based learning can improve student learning subjects Fiqh outcomes in VIII F class SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang?. The objectives are: (1) To know the implementation process of autoplay multimedia-based learning in improving student learning fiqh subject outcomes in VIII F class SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang. (2) to know the evaluation result of autoplay multimedia-based learning application which able to improve student learning fiqh subject outcomes in VIII F class SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang. This research is conducted at SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari Malang, the research object is VIII F class. To find the solution of the existing problems, the researcher conducts a research by using “Penelitian Tindakan Kelas (PTK)” design. This PTK research use qualitative approaches. The data are collected by using observation, interview and documentation. The results shows that the autoplay multimedia-based learning is able to improve the student learning fiqh subject outcomes in VIII F class at SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari. It can be seen from the results of the final evaluation which shows the increase of the average value. In the pre-test with an average value of 62, the first cycle with an average value of 74 and the second cycle with an average value of 84. From the results of this research, the researcher gives suggestion as the consideration for teachers for implementing the autoplay multimedia-based learning to improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multimedia Autoplay; Hasil Belajar; Fiqih; Autoplay Multimedia; Learning Outcomes; Fiqh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8911 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |