Laili, Ufun Nur (2014) Penerapan metode kerja kelompok dan metode pemberian tugas belajar (resitasi) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran aqidah akhlaq kelas XI IPA 1 man Mojosari-Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Aqidah Akhlak merupakan mata pelajaran agama yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan yang ada dibawah naungan Departemen Agama. Aqidah Akhlak adalah salah satu pelajaran agama yang bertujuan untuk memberikan pendidikan akhlak yang sesuai dengan nilai-nilai islam sehingga menghasilkan manusia yang baik. Pendidikan akhlak di jaman yang serba dinamis ini sangat diperlukan untuk membangun tunas bangsa yang mempunyai aqidah dan akhlak yang baik.. Namun yang menjadi masalah adalah keengganan peserta didik untuk mempelajari Aqidah Akhlak dikarenakan terpengaruh oleh budaya barat yang menuhankan azas kebebasan. Untuk menjadikan Pendidikan Aqidah Akhlak lebih mudah bagi siswa untuk belajar, perlu dibimbingi dalam cara menyampaikannya. Pada saat ini sudah banyak strategi atau metode belajar yang dapat menarik siswa untuk belajar, salah satunya adalah dengan menggunakan Kerja Kelompok dan Resitasi. Mengarah pada permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode Kerja Kelompok dan Resitasi serta proses penilaiannya pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan hasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Mojosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (class-room action research) yang mengacu pada desain Kemmis & Taggert. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung pada siswa pada saat pre-tes dan pada setiap akhir siklus I sampai II. Berdasarkan data yang dihasilkan oleh peneliti melalui pengamatan langsung dan hasil tes, penerapan metode kerja kelompok dan Resitasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil tes awal yang diberikan kepada 28 siswa menunjukkan bahwa pada saat tes awal siswa yang minat belajarnya tinggi hanya terdapat 6 siswa, dan pada tes akhir minat siswa mengalami peningkatan dengan penambahan volume menjadi seluruh siswa yang mengikuti proses pembelajaran. Dari keterangan inilah terbukti bahwa penerapan metode kerja kekompok dan resitasi dapat meningkatkan Hasil belajar dengan nilai tinggi siswa mencapai 90 % dari jumlah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Kerja Kelompok-Resitasi; Peningkatan Prestasi Aqidah Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 15:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8910 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |