Penerapan pendidikan agama Islam pada usia anak-anak di lingkungan keluarga buruh tani Desa Tawangagung Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang

Azis, Rifqi Nakhrowi Nur (2014) Penerapan pendidikan agama Islam pada usia anak-anak di lingkungan keluarga buruh tani Desa Tawangagung Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09110094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan agama dalam masyarakat merupakan pendidikan utama dalam proses perkembangan manusia menuju kedewasaan dan manusia yang muttaqin. Orang tua mempunyai pengaruh terhadap masa depan anak-anak, dan bagi anak selain sebagai suri tauladan dan juga sebagai pendidik yang pertama sebelum mereka mendapatkan dari lingkungan masyrakat, dalam hal ini pendidikan dianggap sebagai salah satu kewajiban yang harus dipenuhi orang tua, pendidikan agama adalah dasar dalam keluarga idan ini merupkan bekal untuk menempuh jalur pendidikan selanjutnya, yaitu pendidikan formal disekolah-sekolah.

Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan agama Islam yang diterapkan pada anak di lingkungan masyarakat buruh tani dengan mengambil obyek penelitian di Desa Tawangagung Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Penelitian ini mempunyai beberapa rumusan masalah dintaranya: 1) Bagaimana kondisi keberagamaan di lingkungan keluarga buruh tani di Desa Tawangagung Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. 2) Bagaimana penerapan pendidikan agama Islam pada anak di lingkungan keluarga buruh tani Desa Tawangagung Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan agama Islam pada usia anak-anak di lingkungan keluarga buruh tani Desa Tawangagung Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena fokus penelitian ini diarahkan untuk mengetahui kondisi keberagamaan di lingkungan masyarakat buruh tani di Desa Tawangagung Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang, bentuk penerapan pendidikan agama Islam yang diterapkan Serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bentuk kegiatan pendidikan agama Islam tersebut. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis data yaitu dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir verifikasi, pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Dari hasil analisis data di lapangan dapat diperoleh temuan bahwa kondisi keberagamaan masyarakat buruh tani di desa Tawangagung cukup bagus. Pada umumnya mereka memandang penting terhadap pendidikan agama yang dibuktikan dengan kegiatan keagamaan oleh masyarakat. Adapun bentuk penerapan kegiatan pendidikan agama Islam yang diterapkan: pembinaan iman dan tauhid, pembinaan akhlak, pembinaan ibadah dan agama pada umumnya, dan pembinaan kepribadian dan sosial anak. Faktor pendukung dalam pelaksanaan bentuk kegiatan pendidikan agama Islam di lingkungan masyarakat buruh tani adalah adanya tujuan yang hendak dicapai. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan bentuk kegiatan pendidikan agama Islam tersebut adalah Kesibukan masyarakat sebagai seorang buruh tani tani yang seharian bekerja di sawah dan rendahnya pendidikan orang tua.

ENGLISH:

Religious education in public primary education is process of human development towards human maturity and muttaqin. Parents have influence on the future of children, and for children other than as a role model as well as the first educators before they get out of the community environment, in this case education is considered as one of the obligations that must be met parents, religious education is the basic I do not think this was the family in preparation to take the path of further education, which is a formal education in schools.

The focus of this study is to investigate the application of Islamic education as applied to child farm workers in the community by taking the object of research in the Village Ampelgading Tawangagung Malang. This study has several formulation of problem: 1) What is the condition of diversity of farm worker families in the village Tawangagung Ampelgading of Malang. 2) How does the application of Islamic education to children in the village farm worker families Tawangagung Ampelgading of Malang. 3) What are factors and obstacles to support in implementing Islamic education at the age of children in village farm worker families Tawangagung Ampelgading of Malang.

This Research applying for a qualitative approach because focus of this research is directed to determine the condition of diversity in farm worker communities in the Village Tawangagung Ampelgading Malang, form of application of Islamic education is applied as well as supporting and inhibiting factors in the implementation of educational activities form the Islamic religion. The procedure of data collection is using observation, documentation and interviews. Researchers use data analysis with data reduction, data presentation, and the last verification, checking the validity of the data with the extension of participation, persistence and triangulation observations.

The results from the analysis data can be obtained by finding that the religious condition of farm workers in rural communities Tawangagung very good. Generally, they found it important to religious education as evidenced by the religious activities by the public. The form of the application of Islamic education activities are implemented: coaching faith and monotheism, moral guidance, coaching worship and religion in general, and social and personality development of children. The supporting factors the implementation of educational activities of Islam in society is existence of a farm laborer purpose to be achieved. While factor pursuing execution of form activity of education of the Islam is rushing of society as a farmer worker and lower education of parent.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Amrullah, Abdul Malik Karim
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Anak; Keluarga Buruh Tani; Islamic Education; Education of Children; Families Farm Workers
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:40
Last Modified: 12 Jan 2018 08:40
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8904

Actions (login required)

View Item View Item