Rukana, Siti (2007) Pola asuh orang tua anak berprestasi akademik di sekolah: Studi pada siswa SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03410026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (964kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Anak berprestasi merupakan aset suatu bangsa yang harus dibina dan didukung untuk tetap mempertahankan prestasinya, dalam rangka mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa yang nantinya akan memegang tonggak kehidupan suatu bangsa. Keluarga merupakan salah satu faktor penunjang yang menentukan keberhasilan anak di sekolah yang didalamnya terdapat pola asuh orang tua. Pola asuh inilah nantinya yang akan berpengaruh pada perkembangan prestasi belajar anak. Pola asuh adalah cara perlakuan orang tua terhadap anak dalam lingkungan keluarganya sehari-hari. Keterlibatan orang tua tersebut yang dapat menunjang anak mencapai prestasinya di sekolah, karena pada dasarnya keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak dan juga memberikan pengalaman pendidikan yang pertama. Namun sampai saat ini belum ada format pola asuh yang tepat atau efektif untuk diterapkan pada anak. Maka dari itu penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuhan atau contoh bagi semua orang tua dalam mendidik anaknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua anak berprestasi akademik di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang? dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua anak berprestasi akademik di SD Darul ‘Ulum Jombang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua anak berprestasi akademik di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua anak berprestasi akademik di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang.
Penelitian ini dilaksanakan di SD (Sekolah Dasar) Plus Darul ‘Ulum Jombang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yakni juara umum dari kelas IV (empat), V (lima) dan VI (enam) dalam bentuk studi kasus. Penentuannya menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan). Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumennya adalah peneliti sendiri dan pedoman wawancara dan observasi, kamera dan Record. Sedangkan analisa datanya peneliti menggunakan kualitatif deskriptif dengan proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kemudian untuk uji keabsahan data menggunakan ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua anak berprestasi akademik di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang adalah bersifat demokratis. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua anak berprestasi akademik tersebut adalah faktor status ekonomi, faktor bakat dan kemampuan orang tua serta faktor gaya hidup.
ENGLISH:
Student who have academic achievement is nations asset which must be constructed and supported to remain and maintain their achievement, in order to prepare human resources with quality as nation generation which will hold the nation’s future.. Family as one factor which support and determining student successfull at the school, there were pattern of parent’s take care. This patern of parent’s take care will influence to academic achievement of the students. Pattern of parent’s take care is the way of the parent’s and family environment to treat the students. Involvement of parent can support student to reach academic achievement at school, because basically family are the first environment which recognized by children and also give first educate exoperience. But till now there is no certain pattern of take care which precise and effective which applied to the students. So from this study are expected as reference or example for all of parent’s to take care their childrens.
Formula of problem in this study are how pattern of parent’s takes care of students who have academic achievement at elementary school plus of Darul Ulum Jombang? And what factors which influence pattern of parent’s takes care of students who have academic achievement at elementary school plus of Darul Ulum Jombang? Purpose of this study is to find out the pattern of parent’s take care of students who have academic achievement at elementary school plus of Darul Ulum Jombang and to find out factors which influence the pattern of parent’s take care of students who have academic achievement at elementary school plus of Darul Ulum Jombang.
This study was conducted at elementary school plus of Darul Ulum Jombang with qualitative approach. Subject of this study are three students, they are the student who have the first rank of acamic prestation at class IV (four), V (five) and VI (six) in the form of study case. Its determination use purposive sampling. Data was collected by interview, observation and documentation. Instrument of this study are researcher, guidance of interview, observation, camera and record. Data analyze was used qualitative descriptive with process of data reduction, data presentation and conclusion. And then for test of data validity with assidinity or observation and triangulasi method.
Result of this study show that pattern of parent’s take care of students who have academic achievements at elementary school plus of Darul Ulum Jombang are democratic. While factors which influence pattern of parent’s take care are economic factor, talent, parents ability and life style.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Orang tua; Anak Berprestasi Akademik; Pattern Of Parent’s Take Care; Student Who Have Academic Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 16:29 | ||||||
Last Modified: | 12 Jan 2018 16:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8895 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |