Korelasi antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa kelas 3 MTs Suryabuana Malang

Fuad, M. Busyrol (2007) Korelasi antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar siswa kelas 3 MTs Suryabuana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03410020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (827kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Prokrastinasi atau perilaku penangguhan merupakan penyakit yang menyerang siswa dalam tugas akademiknya, kegagalan capaian akademik dipengaruhi salahsatunya oleh faktor ini. Berkaitan dengan hal tersebut bagaimanakah tingkat prokrastinasi dan prestasi siswa kelas 3 MTs Suryabuana dan hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tingkat prokrastinasi dan prestasi siswa kelas 3 MTs Suryabuana dan hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar pada siswa.

Hipotesis yang diajukan dari penelitian ini adalah: adanya hubungan negative antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar yaitu semakin tinggi motivasi belajar maka semakin rendah prokrastinasi akademik pada siswa, instrument yang dipakai dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah dengan angket, jenis penelitian ini adalah penelitian populasi karena subyek penelitian kurang dari seratus dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas 3 yaitu sebanyak 43 siswa MTs. Suryabuana Malang.

Dari penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi produk momen karl persons di dapat korelasi antar variable dengan nilai 0,000 dengan taraf signifikasi 5% dengan subyek 43 orang diketahui r tabel 0,3 dan rxy -,701 sehingga rxy < r tabel berarti hipotesa yang diajukan peneliti diterima. Selain itu dari hasil penelitian ini di ketahui secara umum tingkat prestasi belajar adalah 48,84% kategori cukup baik dan tingkat prokrastinasi akademik 72.09% kategori sedang. Dari hasil rxy -,701 maka di ketahui koefisien determinasinya (r 2 ) = -,703 =0,4914 atau sumbangan efektif 49,14% prokrastinasi terhadap variable prestasi belajar sedangkan 50,86% dipengaruhi oleh faktor lain.

ENGLISH:

The research is to find the relation between academic procrastination with achievement study on students. The hypothesis of the research is: there is negative relationship between academic procrastination with study achievement that is the higher academic prcrastination so lower study achievement on students. The instrument that is used to collect the data is questionnaire. The feature of the research is research population due to the subject of the research is less than a hundred with the subject of the research is all students class of 3 MTs. Suryabuana Malang.

From the research that is done using Karl Persons Moment correlation product resulted between variables with the value 0,000 with the significant value 5% with 75 subjects r tabel 0,3 and rxy -,701 that rxy < r table means that researcher's proposed hypothesis is accepted. From the research is know generally the learning achievement level is 48,84% average category and the academic procrastination level is 72,09% average category. From the result rxy -,701 known the determinant coefisient (r 2 ) = -,703 = 0,4914 or the 49,14 learning achievement effective effect on students procrastination whereas 50,86% is affected by another factors

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Rahmat
Keywords: Prokrastinasi Akademik; Prestasi Belajar; Learning Achivement; Academic Procrastination
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:27
Last Modified: 12 Jan 2018 09:27
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8892

Actions (login required)

View Item View Item