Sa'dollah, Akhmad (2014) Efektifitas kinerja guru tersertifikasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs. Hidayatunnasyi’in Pasrepan Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Guru selalu berperan dalam pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berpotensial dibidang pembangunan bangsa dan negara, Tinggi rendahnya mutu pendidikan banyak dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, Untuk itu untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional sesuai Undang-Undang Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik,kompetisi,sertifikat pendidik,sehat jasmani dan rohani,serta memilki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional Penelitian ini difokuskan pada: 1. Kompetensi profesional guru tersertifikasi dan pembelajaran siswa Mts. Hidayatunnasyi’in Pasrepan, 2. Dampak dan ketepatan perencanaan guru sebagai tenaga profesional terserifikasi dalam memajukan mutu pembelajaran siswa Mts. Hidayatunnasyi’in Pasrepan.3. faktor-faktor yang mendorong dan menghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran sebagai guru tersertifikasi di MTs Hidayatunnasyi’in pasrepan Pasuruan. Metode Penelitian data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data di lapangan, Setelah proses pengumpulan data selesai peneliti membuat laporan penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif,yaitu sesuai dengan penelitian yang bertujuan membuat gambaran (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sertifikasi di Madrasah Mts. Hidayatunnasyi’in Pasrepan Pasuruan merupakan guru yang profesional dan selalu mengembangkan keprofesionalannya. Upaya yang dilakukan guru sertifikasi dalam memajukan mutu pembelajaran siswa yaitu: 1.pengembangan potensi pedagogik guru,artinya ketrampilan guru dalam perencanaan pembelajaran2. Kemampuan mengelola metode pembelajaran,3. mengevaluasi yang menghambat peningkatan mutu pembelajaran. Untuk memajukan mutu pembelajaran siswa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu memotivasi siswa untuk selalu mempraktikkan kembali apa yang telah dipelajari, guru menjadi suri tauladan bagi semua siswa.
ENGLISH:
Teacher always give big influence to make of the ability of people who can improve good quality education of our country. Good or low quality education is influenced by the quality of teaching method which is practiced by teacher who has responsibility to practice it. To create the aim education according to UU n0 19 in 2005 about the standard national education to remember the teachers that they have to have good skill academic, competency, certificate education, health or good both of body and religion, and have ability to create the aim education. This research is focused in: 1. The teacher responsibility who have gotten certification teacher and education student in MTs Hidayatun Nasyi`in Pasrepan. 2. The effect of planning teacher as the professional expert certification in improving good quality student education in MTs Hidayatun Nasyi`in. 3 Many factors which support and hamper improving the education quality as teacher in MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruan. The research method was conducted observation, interview and documentation. In analyze the data, the researcher was conducted descriptive qualitative on the analyzing the data directly. After collecting the data, the researcher made report using descriptive qualitative. It means that this research appropriate with research which is to know the condition and situation in there. The result of this research show that certification teachers in MTs Hidayatun Nasyi`in Pasrepan Pasuruan are professional teachers and always improve their quality teaching method. The ways of improving teaching method teacher are: 1.improvement the potency teacher. It means that the teachers can handle the taching method. 2. The teacher ability to improve education. 3. Evaluating pursuing the make up of quality of study, those are to motivate students to practice what teachers taught, they can be good model for student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | efektifitas kinerja guru; guru setifikasi; memajukan mutu pembelajaran; the effective of teacher quality; teacher certification; improving the quality of teaching method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2018 15:06 | ||||||
Last Modified: | 13 Apr 2023 13:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8889 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |