Hubungan antara image iklan dengan minat membeli produk mie instant merk Indomie: Studi kasus di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang

Sholihah, Bintan Baqiyatus (2007) Hubungan antara image iklan dengan minat membeli produk mie instant merk Indomie: Studi kasus di Kelurahan Tanjungrejo Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03410016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (866kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam era informasi seperti sekarang, usaha untuk memperoleh suatu jenis barang yang akan dibeli bukan sesuatu yang sulit. Terlebih hampir semua kota-kota besar sampai desa-desa sudah mengalami publikasi media cetak maupun elektronik melalui berbagai iklan yang sifatnya promosi.

Pada saat sekarang ini, yang dianggap tepat oleh produsen untuk memperkenalkan hasil produksinya adalah dengan memasang iklan di berbagai media cetak maupun elektronik. Dari iklan yang telah dipublikasikan melalui media cetak maupun elektronik sehingga mampu menciptakan image atau kesan yang positif sehingga mampu menarik minat para konsumen untuk membeli.

Dari pemaparan diatas dapat ditarik beberapa rumusan masalah yaitu: yang pertama Bagaimana tingkat Image iklan Mie Instant Merk Indomie pada warga Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun kota Malang. Yang kedua Bagaimana tingkat minat membeli Mie Instant Merk Indomie pada warga Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang. Yang ketiga mengkaji ada dan tidaknya hubungan antara image iklan dengan minat membeli produk mie instan merk Indomie pada warga Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang.

Image terbentuk berdasarkan informasi yang kita terima dan informasi tersebut disampaikan oleh media cetak maupun elektronik kemudian dinilai sesuai dengan penilaian masing-masing individu. Minat membeli merupakan hal yang penting dalam memahami terhadap perilaku konsumen, sebab minat membeli adalah tahap dalam perilaku membeli. Pada fenomena yang terjadi di Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang ini maka peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut sebab dari banyaknya iklan yang telah ditayangkan di media baik cetak maupun elektronik, kemudian yang mereka minati dari iklan yang telah ditayangkan tersebut juga mampu untuk membujuk para warga khususnya dan salah satu produk tersebut adalah mie instant merk Indomie.

Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah image iklan sedangkan variabel terikatnya adalah minat membeli. Sampel dalam penelitian ini adalah warga Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang, dilakukan dengan metode cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk image iklan dengan minat membeli produk Mie Instant Merk Indomie pada warga Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata warga Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang memiliki tingkat image iklan dan minat membeli produk Mie Instant Merk Indomie diketahui juga korelasi antara Dua Variabel rxy = 0,494 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima bahwa terdapat hubungan yang positif antara image iklan dengan minat membeli produk Mie Instant Merk Indomie pada warga Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang.Yang artinya bahwa semakin sering melihat tayangan iklan dimedia cetak maupun elektronik maka semakin tinggi pula minat membeli produk mie instant merk indomie. Hal ini diasumsikan bahwa responden dalam mengisi data dengan teliti, responden antusias saat mengisi data dan pengumpulan data saat ujian berlangsung.

ENGLISH:

In this information era, it’s not difficult to effort getting something that we will buy. Moreover, almost many cities and villages got many publications from printed or electronic media with their promotion advertisements.
Nowadays, a very important thing that chose by producent to introduce their products is by applying many advertisements in the printed or electronic media. From advertisement which have been publicized through media print and also the electronic so that able to create image or impress which are positive that able to draw enthusiasm all consumer to buying.

From the tittles above can pulled some formula of problem that is: How storey;level of Image of advertisement of Noodles of Instant of Merk of Indomie at citizen of Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang. Secondly How storey;level of enthusiasm buy Noodles of Instant of Merk of Indomie at citizen of Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang. What third study there is and do not it relation between image of advertisement with enthusiasm buy product of noodles of instan of merk of Indomie at citizen of Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang
Image is formed based on the information that we get and that information is sent by printed or electronic media, then it’s assesed–in cording to the individual assessement. Buying interest is a very important thing in understanding consument behaviour, because buying interest is one of step in consument behaviour. This reality is happened in Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang, accordingly the researcher is interested in the study of causes of many advertisements applied in printed or electronic media, and that what they enjoyed from the advertisements can persuade many peoples especially that product is Indomie Instant.

In this study there are two variables, they are free variable and tied of variable. The free variable is image of advertisements while tied of variable is interest of buying. Sample in this research people in Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang, conducted with cluster sampling method. The instrument that used is enquette for image of advertisements with interest of buying Indomie Instant in Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang. For the examination of measuring instrument quality used Product Moment that then correlated with Part Whole to test its validity and Alpha Cronbarch to test enquette item reliability.
This study has obtained the following results. Firstly, an average of people in Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang has level image of advertisements and interest of buying Indomie Instant products. Secondly, that there is a correlation between two variables rxy = 0,494 meaning hypothesis in this research is accepted, that there is a positive relation between image of advertisements in printed or electronic media, hence frequently, it’s also excelsior the interest of buying Indomie Instant. It’s assumpted that respondents have full filled the data accurately; respondents are enthusiast while filling and collecting the data in the test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Soleh, A. Khudori
Keywords: Image Iklan; Minat Membeli; Image Of Advertisements; Interest Of Buying
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:27
Last Modified: 12 Jan 2018 09:27
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8887

Actions (login required)

View Item View Item