Hubungan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) Malang I

Mukaromah, Khoridatul Awaliyah (2007) Hubungan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03410011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (761kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Setiap orang pada dasarnya memiliki potensi untuk berprestasi hanya saja derajatnya berbeda, motivasi berprestasi sangat dipengaruhi oleh faktor baik interen maupun eksteren, bimbingan belajar merupakan faktor eksteren. Fenomena yang terjadi Fenomena yang terjadi di MAN Malang I adalah mengenai beberapa mata pelajaran yang sangat diutamakan dan diperhatikan sehingga diharapkan anak didiknya mampu memahami mata pelajaran tersebut, namun tidak semua siswa MAN Malang I berasal dari lulusan MTS, yang mampu memahami dan menguasai mata pelajaran akan tetapi ada lulusan SMP yang sama sekali tidak memahami dan menguasai mata pelajaran tersebut Dengan adanya peran bimbingan belajar maka siswa diharapkan dapat berkonsultasi mengenai belajar khususnya bagi yang tingkat prestasinya kurang atau rendah maka perlu adanya bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi berprestasi. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui adakah hubungan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa MAN Malang I

Subyek penelitian yang diambil adalah siswa-siswi kelas X MAN Malang 1. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sistematic cluster sampling, dari 7 kelas pararel kelas satu MAN Malang 1 diambil 2 kelas pararel jadi hanya 80 siswa yang dijadikan subyek penelitian. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui angket yang diisi oleh responden. Analisa data ini menggunakan Pearson Correlation. Hasil uji validitas skala bimbingan belajar dan motivasi dari 30 item bimbingan belajar maka 28 item dinyatakan valid dan 2 item dinyatakan gugur. Sedangkan untuk motivasi berprestasi 25 item dinyatakan valid dan 5 item dinyatakan gugur. reabilitas skala bimbingan belajar 0,8621 dan motivasi berprestasi 0,8274.

Dari 80 siswa Dikategorikan berdasarkan standar deviasi menghasilkan tingkat bimbingan belajar siswa-siswi kelas X MAN Malang 1 ada lima kategori yaitu diperoleh (41,25%) sedang, (25%) tinggi, (20%) rendah, (7,5%) sangat tinggi, dan (6,25%) sangat rendah. Untuk motivasi berprestasi diperoleh (45%) sedang, (23,75%) tinggi, (18,75%) rendah, (7,5%) sangat tinggi, dan (5%) sangat rendah. Dari uji statistik didapatkan hasil bahwa nilai rxy 0,572. dari 80 sampel dan nilai r tabel adalah 0,286. Dikatakan signifikan atau mempunyai hubungan apabila rhit 0,572 > rtabel 0,286. Penelitian tersebut dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95 %. Hasil penelitian ini menunjukan antara Bimbingan Belajar Dan Motivasi Berprestasi siswa MAN 1 Malang terdapat hubungan signifikan hal ini dimungkinkan adanya keberhasilan guru dalam bimbingan belajar siswa MAN Malang 1 sehingga motivasi berprestasi siswa tinggi. Berdasarkan penelitian ini berarti adanya korelasi yang positif antara bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa MAN Malang 1 sehingga semakin tinggi intensitas dan kualitas bimbingan belajar maka dimungkinkan dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa.

ENGLISH:

Everyone basically have potency for have achievement but different level only, achievement motivation influenced by intern or extern factor, where leaving from within individual self (intern) and one of them is learn tuition’s which representing factor of extern. With existence of role of learn tuition’s hence student expected can consult concern learn specially to who is it achievement level less or lower hence needing the existence of learn tuition’s to increase achievement motivate. Therefore researcher wish to know is there correlation Learn Tuition’s With Achievement Motivate of MAN Malang I.

Research Subject the taken is students of 10th class of MAN Malang 1. Intake of sample by using systematic cluster sampling technique, from seven-pararell class of first class at MAN Malang I taken 2-form pararell class of become only 80 students taken as research subject. Data collecting method, which used in this research is by enquette, which filled by responder. Data analysis uses Pearson Correlation. Result of Learn Tuition’s scale validity test and Achievement Motivate from 30 items Learn Tuition’s hence 28 items expressed valid and 2 item expressed invalid. While for the Achievement Motivate from 25 items expressed valid and 5 item expressed invalid. Learn Tuition’s scale reability is 0,8621 and Achievement Motivate is 0,8274. From 80 student Categorized pursuant to standard of devises yield students of 10th class of MAN Malang 1 Learn Tuition’s has five category that is obtained (41,25%)

lower, (25%) high, (7,5%) very high, and (6,25%) very low. For the Achievement Motivate obtained (45%) lower, (23,75%) high, (7,5%) very high, and 5% very low. Than statistical test got result of that value of Rxy 0,572. From 80 samples and the value of R tables is 0,286. Told significant or have relation if Rhit (0,572) > Rtabel (0,286). The research done with trusts level 95 %. Result of this research is showed between Learn Tuition’s With Achievement Motivate of MAN Malang I Worse luck there are significant relation this matter is enabled caused by that efficacy of teacher in tuition learn student of MAN Malang I so that motivate to have high student achievement. Pursuant to this research means existence of positive correlation between Learn Tuition’s With Achievement Motivate of MAN Malang I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi
Keywords: Bimbingan Belajar; Motivasi Berprestasi; Man Malang 1; Learn Tuition’s; Achievement Motivate; MAN Malang I
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:27
Last Modified: 12 Jan 2018 09:27
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8881

Actions (login required)

View Item View Item