Aisyah, Ana Suroyatul (2014) تطوير الكتاب الدراسي لمادة اللغة العربية على أساس مدخل التعليم والتعلم السياقي المدرسة الدينية بمعهد مفتاح العلوم كانجاران-كوندانجلكي-مالانق. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10150096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRACT
Study of Arabic in Miftahul Ulum Islamic boarding house - Ganjaran – Gondanglegi – Malang is an activity for increasing the student’s ability in mastering Arabic. But, in the fact, the students do not have spirit to join this activity because the material of the textbook is difficult to understanding. It is because the materials are not related to their environment and the exercises of the textbook more focus on reading and writing. Moreover, the textbook that available is also uncolored. So that, it cannot motivate the students for studying Arabic.
From those problems, the research problem of this research are: 1). How to develop a textbook based on Contextual teaching and Learning (CTL) in Miftahul Ulum Islamic boarding house- Ganjaran – Gondanglegi – Malang?. 2). What is the opinion of the students about a textbook based on Contextual teaching and Learning (CTL)?.
The researcher use descriptive quantitative approaches with research and development method (R & D) that consists of five steps, those are: 1. Analysis potency and problem, 2. Design, 3. Organizing and writing, 4. Evaluation, 5. Design revision. The population of this research is all of the students of I’dad in Miftahul Ulul Islamic boarding school. There are 18 students. The instrument of this research is observation and questionnaire.
The result of this research show that the using of the textbook based on Contextual Teaching and Learning (CTL) can be used as guiding book for the students and affect the success of learning Arabic. It can be seen from the questionnaire that given by the researcher to the students after trying to teach one chapter of the textbook, it is 94% students said that this textbook is easy to be understood. 94% students said that this textbook invites them to study Arabic.
78% students said that the picture and examples in this textbook support them in mastering Arabic. 88% students said that the language that is used in this textbook is easy to be understood.94% students said that the textbook is important in learning process. And 100% students said that this textbook is easy to be practiced in their life.
ABSTRAK
Pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren miftahul ulum ganjaran – gondanglegi- malang merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkankemampuan berbahasa santri, khususnya dalam bidang bahsa arab. Akan tetapi pada kenyataannya santri merasa tidak semangat dan bosan dalam mengikuti kegiatan ini, karena materi yang disajikan dalam buku ajar belum bisa menyatu dalam diri dan pikiran mereka. Hal ini disebabkan karna materi pembelajaran tersebut tidak menyajikan materi yang sesuai dengan lingkungan mereka. Dan latihan yang disajikan cenderung pada kemahiran membaca dan kemahiran menulis. Selain itu adanya buku ajar yang tidak berwarna dan gambar
yang merangsang santri untuk semangat mempelajari bahasa arab.
Dari permasalahan diatas maka peneliti meletakkan Rumusan masalah yaitu:
1) bagaimana cara mengembangkan buku ajar bahasa arab berbasis contextual Taching and Learning (CTL) di madrasah Diniyah pondok pesantren Miftahul Ulum Ganjaran – Gondanglegi – Malang? 2) bagaimana pendapat para santri mengenai buku ajar bahasa arab berbasis contextual Taching and Learning (CTL)? 3) Apa saja kekhususan bukuajar bahasa arab berbasis contextual Taching and Learning (CTL)
Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang terdiri dari 5 langkah, yaitu:
1) Analisis, 2) perancangan, 3) penyusunan dan penulisan, 4) Evaluasi 5) Revisi Desain. Populasi dari penelitian ini meliputi semua santri kelas I’dad di madarasah diniyah pondok pesantren Miftahul Ulum yang berjumlah 18 orang. Adapun instrumen penelitian adalah: observasi dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning ini bisa dijadikan buku ajar dan berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran bahasa arab. Ini dapat dilihat dari angket yang diberikan peneliti kepada para santri setelah peneliti mencoba mengajarkan satu bab dari buku ajar tersebut,yaitu: 94% santri menyatakan bahwa buku ajar memudahkan mereka memahami materi pelajaran. 94% santri menyatakan bahwa buku ajar menantang siswa dalam mempelajari bahasa arab. 78% santri menyatakan adanya ilustrasi, gambar dan contoh mendukung siswa untuk menguasai materi pelajaran. 88% santri menyatakan bahasa yang digunakan dalam buku ajar mudah dipahami. 94% santri menyatakan istilah yang digunakan
dalam buku ajar mudah untuk dipahami. 94% santri menyatakan bahwa buku ajar penting untuk menguasai pembelajaran. Dan 100% siswa menyatakan bahwa buku ajar ini memudahkan mereka untuk mempraktekan pelajaran kedalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hamid, Mohammad Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | تطوير الكتاب الدراسي; the development of textbook; Contextual Teaching and Learning (CTL); pengembangan buku ajar; Contextual Teaching and Learning (CTL) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2017 15:37 | ||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 11:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8878 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |